Rabu, 09 Jun 2021 19:07 WIB

Bingung Kenapa Sering Nafsuan? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: Thinkstock
Jakarta -

Libido memiliki peran penting terhadap gairah seks seseorang. Tak sedikit pula orang yang mengalami peningkatan libido meski sedang tidak ada rangsangan seksual.

Biasanya, seseorang akan merasakan peningkatan libido tersebut saat memasuki masa pubertas. Namun, apabila sudah melewati masa tersebut dan hampir selalu merasa terangsang, maka hal tersebut perlu dijadikan perhatian.

Perasaan mudah terangsang memang merupakan fungsi natural tubuh. Terdapat sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi peningkatan libido, seperti faktor biologis, psikologis, dan juga sosial.

Secara keseluruhan, keinginan untuk bercinta atau meningkatnya gairah seks merupakan hal yang normal. Akan tetapi, banyak kemungkinan yang bisa melatarbelakangi alasan mengapa seseorang sering merasa terangsang.

Dikutip dari laman Health Shots, berikut 5 kemungkinan utama yang bisa menjelaskan mengapa seseorang lebih sering merasa terangsang dari biasanya.

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon memiliki peran penting terhadap dorongan seks. Tingkat hormon sendiri tentunya berbeda-beda pada setiap orang dan dapat dipengaruhi oleh usia. Biasanya, hormon akan mengalami perubahan ketika seseorang memasuki masa pubertas dan menopause. Kedua perubahan ini lah yang bisa mempengaruhi tingkat hormon dan libido.

2. Siklus menstruasi

Apakah kamu sering merasa mudah terangsang saat memasuki atau sedang dalam masa menstruasi? Tidak perlu khawatir, hal tersebut normal terjadi, lho. Pasalnya, dalam siklus menstruasi, hormon estrogen dan progesteron akan mengalami perubahan.

Akibatnya, wanita akan mengalami penurunan atau peningkatan libido. Saat memasuki masa subur, wanita akan lebih rentan merasa mudah terangsang. Hal ini merupakan tanda positif yang menandakan bahwa kamu memiliki sistem reproduksi yang sehat.

3. Masturbasi

Masturbasi memang bisa membuat tubuh menjadi rileks. Bahkan, tak sedikit yang turut menganggap bahwa masturbasi bisa mengatasi gairah seks. Padahal, dalam beberapa kasus, masturbasi justru akan membuat kamu menjadi lebih mudah terangsang lantaran terdapat peningkatan aktivitas seksual.

4. Hiperseksualitas

Kecanduan seks dan hiperseksualitas sering kali dianggap sebagai masalah terkait mental yang bisa diatasi dengan pertolongan medis. Seseorang yang sudah kecanduan seks biasanya akan rentan merasa mudah terangsang meski tidak ada stimulasi seksual.

Apabila merasa demikian, sebaiknya kunjungi tenaga profesional untuk membantu mengatasi libido yang sulit untuk dikontrol tersebut.

5. Makanan yang dikonsumsi

Sejumlah makanan yang dikonsumsi turut memiliki peran terhadap libido, lho. Beberapa jenis makanan yang bisa mempengaruhi libido adalah alpukat, mangga, brokoli, dan almond. Apabila dikonsumsi dengan rutin, maka makanan tersebut bisa meningkatkan libido.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)