Rabu, 16 Jun 2021 19:30 WIB

Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bercinta? Begini Perhitungannya

Destria - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Penjelasan seberapa besar kalori yang terbakar saat berhubungan seks. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Melakukan hubungan seksual dengan pasangan dalam jangka waktu yang relatif lama membuat tubuh berkeringat. Kegiatan ini seperti berolahraga, tapi pernah kah terpikirkan, dengan melakukan hubungan seksual bersama pasangan dapat membakar berapa kalori?

Melakukan hubungan seksual dengan pasangan sangat efektif karena membuat darah bersirkulasi dan hormon endorfin mengalir. Namun, dalam pembakaran kalori itu tergantung pada berat badan dan berapa lama melakukannya.

Semakin banyak akrobatik yang dilakukan dan semakin lama melakukannya, semakin banyak juga kalori yang terbakar saat berhubungan seksual. Pakar seks dan hubungan di Astroglide, Jess O'Reilly, PhD, mengatakan setiap gerakan ketika melakukan hubungan seksual menghasilkan pembakaran kalori yang juga berbeda.

Jumlah kalori yang terbakar ketika berciuman

Menurut penelitian di American Journal of Medicine, berciuman dapat membakar antara 5 dan 26 kalori per menit, itu tergantung seberapa lama dan seberapa intens melakukannya. Studi ini menemukan bahwa kecupan sederhana hanya menggunakan sekitar dua otot di wajah dan hanya mengurangi 2 atau 3 kalori paling banyak. Tetapi ketika keadaan menjadi lebih panas, berciuman dapat melibatkan sebanyak 34 otot di wajah dan 112 otot di seluruh tubuh.

Jumlah kalori yang terbakar ketika foreplay

Foreplay bisa berarti banyak hal bagi orang yang berbeda. Salah satu cara melakukan foreplay, seks oral, bisa memberikan efek seperti berolahraga apabila dilakukan lebih lama.

"Hanya berciuman, bernapas, membelai dan bermain untuk jangka waktu yang lama akan meningkatkan pembakaran kalori total," kata O'Reilly.

Jumlah kalori yang terbakar ketika melakukan hubungan seks

Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2013 terhadap pasangan muda dan sehat yang menghabiskan 25 menit berhubungan seks, wanita dapat membakar 69 kalori per sesi (termasuk foreplay) saat berhubungan seks.

Sebuah studi dari The New England Journal of Medicine menemukan bahwa sebagian besar sesi seks hanya berlangsung sekitar 6 menit, sehingga pembakaran kalori rata-rata mungkin hanya sekitar 21 kalori dalam waktu tersebut.

Untuk meningkatkan kesenangan dan membakar kalori saat berhubungan seks, cobalah mengambil posisi di atas. Posisi di atas membutuhkan lebih sedikit gerakan dan akan meningkatkan pembakaran kalori. Mengubah posisi selama berhubungan seksual juga bisa membuatnya seperti latihan, katanya.

Jumlah kalori yang dibakar ketika masturbasi

Berhubungan seks dengan pasangan akan membakar lebih banyak kalori daripada masturbasi. Biasanya berhubungan seks dengan pasangan akan lebih banyak melakukan gerakan memompa, berguling dan melakukannya lebih lama. Namun, mencapai orgasme itu sendiri masih akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin yang akan membuat merasa baik.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)