Minggu, 07 Nov 2021 20:31 WIB

Berapa Lama Pria Mencapai Ejakulasi saat Hubungan Seks? Ini Kata Dokter

Akbar Malik - detikHealth
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta -

Waktu yang dibutuhkan seorang pria bisa ejakulasi saat berhubungan seks selalu menjadi pembahasan yang menarik. Di satu sisi pria mungkin khawatir dirinya mengidap ejakulasi dini sehingga hubungan seks berlangsung cepat dan kurang memuaskan, namun di sisi lain ejakulasi yang terlalu lama juga mungkin membuat momen klimaks bersama terlewatkan.

Lantas, sebenarnya berapa lama waktu ideal seorang pria bisa ejakulasi pada saat berhubungan seks?

Mengutip Mens Health, ahli urologi dari University of Maryland Medical System, Rena Malik, MD, menjelaskan rata-rata waktu yang dibutuhkan pria untuk ejakulasi dalam hubungan seks.

Malik merujuk penelitian yang mengumpulkan data dari 500 pasangan di seluruh dunia. Para responden mengukur berapa lama durasi penetrasi dan waktu ejakulasi menggunakan stopwatch.

Seks penetrasi diukur dalam waktu latensi ejakulasi intravaginal (IELT), waktu dari mulai penetrasi hingga ejakulasi. Hal itu dilakukan untuk mengetahui berapa lama rata-rata durasi pria bisa ejakulasi dari sejak penetrasi dimulai.

Studi tersebut mengungkap bahwa durasi penetrasi sampai ejakulasi yang ideal adalah 16 menit. Meski begitu, peneliti memperkirakan bahwa waktu yang sebenarnya lebih dekat ke 9 menit. Rata-rata IELT dalam studi itu sendiri hanya 5,7 menit.

"Menariknya, itu bervariasi berdasarkan lokasi," kata Malik. Ia menjelaskan bahwa Turki memiliki rata-rata IELT terendah 4,4 menit, sedangkan Inggris Raya memiliki IELT tertinggi sekitar 10 menit.

Penelitian ini hanya mengacu pada ejakulasi pria, tidak turut meneliti durasi orgasme ideal pada wanita. Lebih dari itu, Malik menegaskan bahwa durasi ejakulasi bisa berbeda-beda pada setiap orang.

"Sekali lagi, ini bervariasi dari orang ke orang. Saya tidak akan berpatok pada angka-angka ini. Yang saya ingin Anda ambil dari studi ini adalah pengetahuan tentang apa yang normal, bagaimana rata-ratanya. Dan jika Anda mencapai rata-rata, itu bagus. Yang terpenting adalah Anda dan pasangan puas," pungkas Malik.



Simak Video "Jarang Ejakulasi Sebabkan Kanker Prostat?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)