Sabtu, 20 Nov 2021 19:30 WIB

Rutin Bercinta Bisa Dongkrak Sistem Imun? Ssstt.. Ini Faktanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Beredar viral di TikTok seorang dokter yang mengatakan bahwa berhubungan seks dapat mengatasi flu hingga mengurangi risiko serangan jantung. Benarkah hal tersebut?

Pernyataan ini disampaikan oleh dr Ravina Bhanot, pendiri Zonas Fertility melalui unggahanya di TikTok @zonasfertility. Lewat akun TikTok itu, dr Ravina keap membagikan konten-konten mengenai kesehatan seksual dan reproduksi.

dr Ravina mengungkapkan bahwa seks tidak hanya terasa menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan dalam beberapa cara. Bahkan, berhubungan seksual secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Dokter dari National Health Service yang berbasis di London ini, juga mengatakan berhubungan seks dapat meningkatkan kualitas tidur, sistem imun tubuh dan kesehatan mental.

Hingga saat ini, video TikTok-nya telah ditonton sebanyak 1.6 juta kali dan disukai 33.000 pengguna TikTok.

@zonasfertility

Be safe!! #mentalhealth #womenshealthcare #immunity #libidoboost #heartdisease #heartattack #bloodpressurecheck #hypertension #stressrelief #health

♬ original sound - Johnny Sibilly

Dikutip dari The Sun, Jumat (19/11), adapun sejumlah manfaat berhubungan seks bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi risiko serangan jantung

Satu studi di American Journal of Cardiology pada pria menemukan bahwa mereka yang paling sering berhubungan seks memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

Dalam penelitian itu, mereka membandingkan pria yang berhubungan seks dua kali seminggu atau lebih dengan mereka yang melakukannya sebulan sekali atau kurang. Kendati demikian, penelitian lain juga menemukan bahwa bagi pria usia lebih tua aktif secara seksual, justru dapat memicu serangan jantung.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Berhubungan seks dan aktivitas seksual lainnya dapat menciptakan hubungan sosial yang kuat. Dalam suatu hubungan, seks dapat membantu meningkatkan keintiman dengan pasangan, meningkatkan rasa saling percaya, dan mengurangi perasaan kesepian.

Selain itu, aktivitas seksual membanjiri otak dengan hormon bahagia dopamin dan hormon oksitosin. Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan seks secara teratur juga dapat mendorong pertumbuhan di hippocampus, yang merupakan wilayah di otak yang membantu mengontrol tingkat stres.

Selanjutnya
Halaman
1 2