ADVERTISEMENT

Kamis, 06 Jan 2022 23:30 WIB

Catat! 11 Fakta Unik Orgasme Wanita yang Jarang Orang Tahu

Hartaty Varadifa - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Orgasme wanita. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sama halnya dengan pria, wanita juga bisa mengalami orgasme. Namun orgasme pada wanita cenderung sulit dipahami.

Susan Kellogg-Spadt, Direktur Kedokteran Seksual Wanita di Academic Urology Center for Pelvic Medicine menyebutkan bahwa orgasme wanita memang rumit dan sering terjadi kesalahpahaman pada pasangan. Akibatnya akan ada harapan yang tidak sesuai dari pasangan.

Untuk mengetahuinya, simak 12 hal ini yang harus pria ketahui tentang orgasme wanita:

1. Wanita kerap memalsukan orgasme

Sebuah penelitian mengungkapkan sekitar 53 hingga 67 persen dari 400 wanita, mereka memalsukan orgasme. Adapun alasannya kemungkinan adalah disfungsi seksual, peningkatan gairah, atau ingin segera mengakhiri hubungan seksualnya.

2. Sekitar 10 persen wanita sulit mencapai orgasme

Sering mengalami kesulitan dalam mencapai orgasme disebut anorgasmia. Hal ini kerap terjadi pada wanita karena ada berbagai alasan seperti fisik, psikologis, dan situasional. Beberapa wanita mengalami anorgasmia meski sudah bisa mencapai orgasme sebelumnya.

3. Tidak hanya pria yang mengalami ejakulasi

Ejakulasi pada pria dan wanita adalah fungsi tubuh yang terpisah dari orgasme. Meski keduanya sering terjadi bersamaan pada pria, diperkirakan 10 hingga 50 persen wanita juga mengalami ejakulasi berbentuk cairan selama orgasme.

4. Orgasme dulunya adalah penyembuh histeria

Selama berabad-abad, histeria adalah istilah umum untuk masalah wanita seperti pingsan, cepat marah, dan gugup. Para profesional medis terkadang menggunakan orgasme untuk mengobati histeria karena dianggap melepaskan cairan beracun wanita.

5. Wanita bisa orgasme saat workout

Sebuah studi 2011 dari Indiana University mensurvei 124 wanita yang melaporkan bahwa mereka mengalami orgasme akibat olahraga dan menemukan bahwa latihan ab dan angkat berat dianggap sangat orgasmik.

6. Wanita membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai orgasme

Wanita membutuhkan sekitar 7 hingga 20 menit untuk bisa mencapai orgasme dan umumnya membutuhkan stimulasi eksternal, bukan hanya internal.

7. Orgasme wanita paling banyak terjadi di usia ini

Menurut Survei Nasional Kesehatan dan Perilaku Seksual 2010, di antara wanita berusia 18 hingga 59 tahun, wanita yang lebih tua kemungkinan mencapai orgasme yang lebih tinggi selama masturbasi.

8. Belum tahu pasti mengapa wanita mengalami orgasme

Dari sudut pandang evolusi, alasan orgasme pria jelas, tetapi belum diketahui tujuan dari orgasme wanita. Hipotesis paling umum mengapa wanita orgasme mungkin membantu pembuahan, meningkatkan ikatan pasangan, atau meningkatkan pilihan pasangan.

9. Orgasme vagina jarang terjadi

Pada tahun 50-an, Kinsey's Sexual Behavior in the Human Female mengatakan kepada dunia bahwa mayoritas wanita tidak orgasme melalui hubungan penis-vagina saja.

10. Stimulasi kunci utama orgasme wanita

Wanita paling mungkin mengalami orgasme jika klitorisnya dirangsang. Ini dapat dilakukan secara manual, lisan, dengan vibrator, atau melalui posisi seks yang berbeda, seperti doggie style dan woman on top. Bahkan dengan stimulasi yang tepat kebanyakan wanita masih membutuhkan waktu untuk mencapainya.

11. Kecemasan adalah musuh nomor satu orgasme

Kita semua tahu stres dapat menghambat seks, jadi membuat wanita merasakan tekanan untuk mencapai orgasme adalah pilihan yang buruk. Kebanyakan wanita tidak mengalami beberapa kali orgasme dan banyak yang mengalami kesulitan hanya dengan satu kali. Setiap wanita mengalami kenikmatan seksual dengan cara yang berbeda.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT