ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Feb 2022 20:00 WIB

Kebanyakan Berhubungan Seks Bikin Vagina Kendur? Ini Kata dr Boyke

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sisi Lain dr Boyke, Pengalaman Mistis hingga Pasien Sadomasokis Penjelasan dr Boyke perihal mitos kebanyakan berhubungan seks bikin vagina kendur. Foto: Khairunnisa Adinda Kinanti/detikHealth
Jakarta -

Pernah mendengar bahwa vagina mengendur gara-gara sering berhubungan seks? Jangan salah paham, ternyata hal itu cuma mitos belaka. Justru menurut pakar seks dr Boyke, semakin banyak penetrasi dilakukan, efeknya malah semakin bagus pada vagina.

"Orang semakin berhubungan seks malah semakin bagus. Vagina semakin sensitif," terang pemilik nama lengkap dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS pada detikcom saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).

"Orang semakin berhubungan seks saat orgasme semakin menjepit, dia senam kegel sendiri. Dengan otot-otot yang involuntary-nya, dan itu terlatih terus. Makanya orang yang berhubungan seks dengan baik vaginanya akan bagus," sambungnya.

Ia meluruskan, anggapan masyarakat bahwa vagina semakin kendur akibat terlalu banyak berhubungan seks adalah salah. Bahkan, ukuran penis juga tidak mempengaruhi kekenduran vagina.

"Salah (vagina semakin kendur karena terlalu banyak penetrasi). Mau even dia dok suami saya dulu sekarang Indonesia, sama saja. Sepanjang dia masih bisa menjepit," imbuh dr Boyke.

Namun memang, kekenduran vagina bisa dipengaruhi faktor usia terlebih menjelang menopause. Kondisi itu pun bisa diatasi dengan metode HIFU (High Intensity Focused Ultrasound) vagina yang dilakukan oleh estetik ginekologi. Prosedur tersebut bekerja merangsang kolagen supaya vagina lebih sensitif.

"HIFU vagina itu dengan merangsang kolagen kembali supaya lebih sensitif, supaya lebih bagus lagi, bisa. Itu hanya treatment biasa. HIFU itu alatnya ada, dimasukkan alat, dikeluarkan gelombangnya dirangsang kembali, kolagen-kolagen yang ada di vagina sehingga vaginanya menjadi lebih rapat," terang dr Boyke.

"(Faktor usia) sangat mempengaruhi. Itu biasanya karena memasuki usia menopause kan estrogen berkurang, jaringan ikat kurang. Dengan dilakukan HIFU vagina terbantu. Vagina menjadi kendur, ya. Tapi kan kita bisa membantu," pungkasnya.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT