Nggak Mood Bercinta, Tapi Nggak Enak Menolak Pasangan? Zoya Bagikan Tipsnya

ADVERTISEMENT

Nggak Mood Bercinta, Tapi Nggak Enak Menolak Pasangan? Zoya Bagikan Tipsnya

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Minggu, 10 Apr 2022 19:41 WIB
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home.
Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm
Jakarta -

Berhubungan seks untuk pasutri dapat membawa banyak manfaat untuk memperkuat hubungan mereka. Selain itu, ternyata, jika dilakukan secara rutin, seks juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Namun, dapat saja ada saatnya sedang tidak ingin atau tidak 'mood' untuk bercinta dan harus menolak tawaran dari pasangan.

"Bisa jadi lagi nggak capek sekalipun, lagi tidak kepengen sekalipun, itu bisa banget lho kalo misalnya si individu itu merasa, lagi nggak kepengen [berhubungan seks] aja. Itu manusiawi banget," ujar Zoya Amirin, MPsi, FIAS, seorang seksolog klinis, pada acara daring e-Life: 'Tahan Dulu Ya Sayang, Kita Masih Puasa!', Jumat (8/4/2022).

Tidak jarang adanya seseorang yang merasa enggan atau sulit untuk menolak tawaran untuk berhubungan seks oleh pasangannya. Bahkan, hal itu bisa saja memicu ketegangan di hubungan.

Lalu, bagaimanakah cara menolak yang benar? Berikut saran Zoya untuk menolak tawaran bercinta dengan benar agar tidak menyulut ketegangan.

"Kalau sedang tidak menginginkan seks, penting untuk bilang sama pasangan tanpa membuat pasangan merasa ditolak. Trick-nya tuh di situ. Jadi misalnya, kita bisa mengatakan tidak pada seks tapi harus mengatakan iya pada cinta," tutur Zoya.

Lebih rincinya, Zoya menjelaskan bahwa pasangan yang sedang tidak menginginkan seks memiliki sebuah tanggung jawab untuk berkomunikasi secara asertif.

"Asertif" dalam konteks ini memiliki arti bahwa pasangan yang sedang tidak menginginkan seks harus sadar bahwa ia berhak untuk merasa seperti itu, namun, juga harus ingat bahwa ia tidak boleh membuat pasangannya merasa tertolak.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT