Senin, 11 Apr 2022 21:30 WIB

Pria Wajib Catat! Ini Umur Saat Penis Berhenti Tumbuh

Rosiana Muliandari - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Foto: iStock
Jakarta -

Anggapan kemaluan pria yang "lebih besar, lebih baik" sering menjadi suatu hal yang dipercayai oleh banyak pria dan bahkan di kalangan wanita juga.

Banyak yang mempercayai bahwa ukuran penis menjadi salah satu "faktor" dalam kepuasan hubungan seksual pasutri.

Namun, ternyata studi-studi menunjukkan bahwa hal tersebut hanyalah stigma belaka. Dari studi diketahui nyatanya sebagian besar wanita mengakui bahwa mereka bisa bahagia dengan ukuran penis pasangan yang "normal".

Dikutip dari Times of India, sebuah penelitian di tahun 2020 mengungkapkan bahwa rata-rata ukuran penis seorang pria saat ereksi adalah 5,1 hingga 5,5 inci atau sekitar 12,95 hingga 13,97 sentimeter.

Terkait hal tersebut, tahukah kamu ada umur batas saat pertumbuhan penis dapat berhenti.

Penis mulai tumbuh dari umur yang belia. Kemudian di rentang umur 12 hingga 16 saat masa pubertas, terjadi perubahan dalam tubuh laki-laki dan salah satunya adalah perubahan ukuran dan ketebalan penis.

Hal ini terjadi karena testosteron dalam tubuh terproduksi dan di saat itu pertumbuhan penis akan lebih cepat dan berada di puncaknya.

Ukuran testis juga akan berkembang di umur 8 atau 9 tahun dan mencapai puncaknya pada umur 11 hingga 15 tahun.

Saat masa pubertas berakhir, biasanya di umur 16 atau 17, pertumbuhan penis juga akan berhenti.

Ada beberapa studi yang menunjukkan relasi antara pertumbuhan penis dengan tinggi badan. Para ahli menunjukkan bahwa kebanyakan pria mendapatkan pertumbuhan penis yang cepat di waktu yang sama mereka mencapai potensi tinggi badan maksimal,



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)