Selasa, 19 Apr 2022 19:00 WIB

Aroma Miss V Tak Sedap Seperti Bau Bawang? Dokter Beberkan Cara Mengatasinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Foto: iStock
Jakarta -

Setiap wanita memiliki aroma khas tersendiri pada area miss V atau vagina. Kondisi ini biasanya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari kondisi tubuh, keringat, makanan yang dikonsumsi, dan faktor lainnya.

Namun, aroma pada vagina terkadang bisa berubah menjadi tidak sedap hingga membuat tidak nyaman. Jika sudah seperti ini, bisa jadi ada masalah kesehatan di miss vagina.

"Karena secara normal organ intim wanita itu berbaunya tidak berbau khas," tutur dr Agustina Nutmala, Sp.OG dari RSPI Prof dr Sulianti Saroso, dalam siaran Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Senin (19/4/2022).

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

dr Agustina menekankan untuk menjaga kelembapan vagina dengan cara tidak memakai celana ketat atau baju-baju ketat lantaran bisa memicu bau tak sedap di vagina.

"Supaya tidak berbau, kita harus menjaga kelembapannya, di antaranya adalah menjaga tingkat kelembapannya dengan tidak memakai celana yang ketat. Jadi, memakai celana yang mudah menyerap dengan bahan katun, tidak memakai baju-baju ketat," tuturnya.

Selain itu, dr Agustina juga menyarankan untuk mengelap vagina dengan handuk sehabis buang air kecil. Pasalnya, mengelap dengan tisu bisa meninggalkan partikel-partikel dari ekstrak kayu di organ intim.

"Ketika membuang air kecil kita harus menjaga kekeringannya dengan mungkin mengelapnya dengan handuk bukan tisu. Karena tisu itu berasal dari kayu-kayuan yang sudah diekstrak sehingga bisa partikelnya tertinggal di organ intim kita. Jadi, dengan menjaga tingkat kekeringan, kelembaban, diharapkan organ intim kita itu tidak lembap. Mungkin dari lembap ini akhirnya (vagina) berbau," sambungnya.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)