Sabtu, 07 Mei 2022 21:30 WIB

Ini 7 Bentuk Vagina Paling Umum, Semuanya Normal Kok!

Rosiana Muliandari - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Foto: iStock
Jakarta -

Tidak jarang para wanita sering berpikir mengenai apakah bentuk vaginanya normal atau tidak. Lebih tepatnya, bentuk vulva yakni bagian luar organ intim wanita yang termasuk vagina, labia, dan klitoris.

Sebuah laporan dari Cosmetic Surgery National Data Bank menunjukkan bahwa labiaplasty meningkat sebesar 213 persen dari tahun 2012 hingga 2017.

"Sebenarnya, banyak wanita yang tidak menyukai bentuk vaginanya. Satu dari tujuh wanita pernah mempertimbangkan untuk melakukan prosedur labiaplasty, memangkas dan melipat vulva dan mengencangkan lubang vagina," jelas dr Sherry Ross, MD, dokter kandungan dan ahli kesehatan wanita.

dr Ross menekankan bahwa, sebenarnya, semua wanita memiliki bentuk vulva yang unik dan berbeda dengan wanita lainnya. Labiaplasty sebaiknya dilakukan jika bentuk vulva membuat rasa tidak nyaman.

Dikutip dari Insider, berikut bentuk-bentuk vagina pada umumnya:

Labia yang Tidak Simetris

Sangatlah normal dan tidak perlu khawatir jika salah satu labia lebih besar atau kecil dibandingkan yang lainnya. dr Ross mengatakan bahwa bentuk ini memiliki konsep yang sama dengan bagaimana salah satu mata seseorang sering lebih besar daripada mata yang lainnya.

Labia yang Kecil

Labia seseorang mungkin terselip di vulva atau bibir luar vagina lebih besar dan menutupi labia minora. Labia minora sendiri merupakan lipatan dalam vagina yang berada di dalam labia majora atau bibir luar vagina.

Labia Luar dan Dalam yang Besar

Sangat mungkin saat labia yang lebih besar atau lebih bengkak. Bentuk vagina dengan labia melewati vulva dan menonjol merupakan bentuk yang normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya