Minggu, 22 Mei 2022 20:33 WIB

Sederet Makanan yang Bikin Vagina 'Happy': Air Putih sampai Jus Cranberry

Vidya Pinandhita - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Foto: iStock
Jakarta -

Layaknya bagian tubuh lain, vagina adalah area tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Selain dengan menjaga kebersihan, vagina yang sehat bisa lho diperoleh dari pilihan menu makan. Lantas, harus makan dan minum apa saja supaya vagina sehat?

Jelas, asupan makanan yang tepat bisa menjaga tubuh tetap bugar. Tak terkecuali, pilihan makanan tertentu dapat membantu melawan infeksi dan kekeringan di area vagina.

Jadi, harus makan apa supaya kesehatan vagina bisa terjaga? Dirangkum detikcom dari sejumlah sumber, ini lho yang boleh dicoba untuk bikin vagina sehat dan 'happy':

1. Plain Yogurt

Dalam kondisi sangat fit, keseimbangan pH di vagina bisa terjaga dengan sendirinya. Namun, terdapat banyak hal seperti olahraga, stres, dan aktivitas seks yang bisa mengubah pH di area vagina. Jika pH berubah, vagina bisa menjadi tempat organisme bertumbuh, memicu infeksi jamur, infeksi gatal, serta bau.

"Kami tidak ingin pH vagina berfluktuasi," Taraneh Shirazian, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di NYU Langone Medical Center, dikutip dari Health, Minggu (22/5/2022).

Untuk itu, Shirazian menyarankan konsumsi yogurt. Pasalnya, yogurt mengandung probiotik yang mengandung kultur bakteri hidup Lactobacillus acidophilus, bekerja menjaga pH vagina dalam kisaran asam dan menurunkan risiko infeksi. Shirazian menjelaskan, probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan pH.

2. Jus Cranberry

Pernah mendengar bahwa minum jus cranberry sebelum bercinta bisa membuat kualitas seks maksimal? Rupanya bukan mitos lho. Cranberry mengandung senyawa tanaman proanthocyanidins atau PAC yang bisa membuat kandung kemih lebih licin. Walhasil semakin banyak wanita mengonsumsi cranberry, semakin tinggi kemungkinan tubuh membuang bakteri pemicu infeksi saluran kemih (ISK).

Namun Alyssa Dweck, MD, ob-gyn yang berbasis di New York, mengingatkan sebaiknya selektif soal minuman jus cranberry. Sebisa mungkin, jika tujuannya adalah mengurangi risiko ISK, pilihlah jenis jus cranberry yang tidak tinggi kandungan gula.

3. Kacang Kedelai

Dweck menjelaskan produk kedelai, seperti tahu dan edamame, mengandung isoflavon yang bekerja mirip estrogen. Ia meyakini kandungan estrogen tanaman dapat memiliki efek yang sama layaknya estrogen oleh tubuh wanita. Misalnya mengurangi kekeringan pada area vagina imbas perubahan hormonal.

Namun Shirazian juga memberikan catatan, beberapa penyakit seperti kanker payudara mungkin dipicu oleh estrogen. Walhasil, saran konsumsi kedelai ini hanya ia berikan pada wanita tanpa riwayat kanker di keluarga.

"Untuk wanita dengan riwayat pribadi atau keluarga kanker payudara, kedelai bukanlah salah satu hal yang lebih berbahaya untuk dicoba," ujarnya.

4. Air

Layaknya dehidrasi dapat memicu kulit wajah atau tangan terasa kering, kekurangan asupan air putih juga bisa membuat kulit di area vulva terasa kering atau gatal. Sementara jika gatal tersebut digaruk, justru bisa membuat area vagina rentan infeksi.

Walhasil untuk menjaga kesehatan vagina, pastikan kebutuhan air mineral sehari-hari tercukupi. Selain itu, minum cukup air putih adalah cara alami untuk mencegah ISK. Pasalnya semakin banyak asupan air putih, semakin sering wanita buang air kecil, semakin bakteri penyebab infeksi pun bisa terbuang.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)