Usia Berapa Sih Payudara Berhenti Tumbuh?

ADVERTISEMENT

Usia Berapa Sih Payudara Berhenti Tumbuh?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 26 Mei 2022 20:53 WIB
Ilustrasi payudara bengkak
Usia berapa payudara berhenti tumbuh? (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa wanita merasa payudara mereka kerap berubah ukuran seiring bertambahnya usia. Namun, tidak sedikit yang penasaran sebenarnya kapan payudara berhenti tumbuh.

Dikutip dari Daily Star, beberapa pakar menekankan perubahan payudara bisa disebabkan beragam faktor. Misalnya, bertambah berat badan, juga saat sedang memiliki anak dan menyusui.

Di beberapa kasus, adapula wanita yang merasa payudaranya tumbuh lebih besar saat memasuki fase menopause. Namun, kebanyakan dari mereka mengaku pertumbuhan payudara paling signifikan terjadi di akhir usia 20-an, meskipun belum memiliki anak atau tidak juga mengalami penambahan berat badan.

Sebenarnya di usia berapa sih payudara berhenti tumbuh?

Pundrique Sharma, Konsultan Ahli Bedah Plastik, Rekonstruksi, dan Estetika di The Harley Medical Group menekankan pertumbuhan atau besarnya payudara dipengaruhi hormon. Karenanya, tidak ada waktu yang jelas menentukan kapan sebenarnya mereka berhenti tumbuh.

Satu hal yang pasti, Sharma menekankan perubahan payudara dipengaruhi hormon. Banyak wanita yang sudah menikah mengalami pembesaran payudara lantaran pemakaian kontrasepsi kehamilan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sharma menekankan, pembesaran payudara di usia 20 ke atas tidak terkait dengan pubertas kedua.

"Tidak ada bukti medis nyata bahwa ada yang namanya pubertas kedua, namun beberapa wanita tidak menyelesaikan pubertas, termasuk perkembangan payudara sampai mereka pertengahan 20-an, jadi pertumbuhan payudara masih bisa terjadi di awal usia dua puluhan," katanya.

"Faktor lain seperti kulit di sekitar payudara dapat berdampak besar pada penampilan payudara, seiring bertambahnya usia kulit kita kehilangan elastisitas, yang dapat mengubah penampilan payudara, pada wanita berusia 20-an hingga 30-an," lanjut dia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT