ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 19:31 WIB

Dokter Ungkap 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Bercinta

Alethea Pricila - detikHealth
Shot of a young couple having an argument while sitting on their couch at home ilustrasi (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Ketika berhubungan seks, ada banyak hal yang terjadi mulai dari perubahan tubuh yang menjadi sensitif hingga mulai adanya gairah yang meningkat. Namun apa yang terjadi pada tubuh seseorang jika tidak melakukan seks dalam waktu yang lama?

Ternyata perubahan ini bukan hanya terjadi ketika berhubungan seks melainkan juga saat berhenti melakukan aktivitas tersebut. Ini 5 hal yang akan terjadi pada tubuh ketika berhenti bercinta.

1. Perubahan Gairah Seks

Seseorang yang berhenti melakukan seks dalam jangka waktu lama akan mengalami beberapa perubahan secara alami. Contohnya adalah hilangnya gairah seks atau justru adanya peningkatan libido.

"Bagi sebagian orang yang menahan diri dari seks, mereka mulai merasa lebih lama dengan vitalitas yang berkurang dan rasa 'lapar' akan seks," ucap seorang terapis seks Sari Cooper dikutip dari Best Health, Selasa (13/9/2022).

2. Dinding Vagina Melemah

Pada wanita yang memasuki masa menopause dan sudah jarang melakukan hubungan seks akan mengalami penipisan dinding vagina sehingga terasa sakit ketika melakukan seks kemudian hari.

"Hubungan seks yang tidak teratur seiring bertambahnya usia menyebabkan dinding vagina Anda menipis dan dapat menyebabkan seks yang menyakitkan," ujar Cooper.

"Wanita yang lebih tua yang tidak melakukan hubungan seksual lebih mungkin bisa mengalami penipisan dan pengeringan jaringan (vagina)," lanjutnya.

3. Menurunkan Risiko ISK

Risiko infeksi menular seksual akan menurun jika tidak berhubungan seks. Hal ini terjadi karena hubungan seks bisa berpotensi meningkatkan risiko infeksi kandung kemih karena adanya penyebaran bakteri. Itu artinya, jika seseorang tidak melakukan hubungan intim, mereka akan menghindari risiko ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT