Masa Iya Sih Terlalu Sering Bercinta Bisa Bikin Miss V Kendor? Begini Faktanya

ADVERTISEMENT

Masa Iya Sih Terlalu Sering Bercinta Bisa Bikin Miss V Kendor? Begini Faktanya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 23 Okt 2022 23:00 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Vagina adalah organ yang memiliki kemampuan otomatis mengembang dan menyempit. Ketika vagina mendapat rangsangan berupa jari atau penis, secara normal vagina akan mengembang. Namun, benarkah vagina akan mengendur atau longgar bila terlalu sering bercinta?

Aktivitas seksual yang terlalu sering tidak menyebabkan vagina mengendur atau longgar. Faktanya, tak hanya saat seks, vagina juga mengembang saat memasang tampon, alat kontrasepsi, hingga melahirkan.

Cara Kerja Vagina

Saat terangsang, otot-otot dasar panggul akan rileks. Saat tidak terangsang, otot-otot tersebut akan mengencangkan lagi. Ada beberapa alasan otot dasar panggul tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengencang. Melahirkan bisa menjadi penyebab utamanya. Adapun penyebab lainnya yakni menopause, cedera traumatis, dan kanker serviks.

Pada banyak kasus, kekuatan otot vagina dapat ditingkatkan dengan bantuan latihan Kegel atau terapi fisik dasar panggul.

Cara Mengencangkan Otot Vagina

Identifikasi otot-otot dasar panggul. Saat buang air kecil, cobalah untuk menahan di tengah-tengah aliran.

Kemudian pilih posisi paling nyaman, biasanya berbaring terlentang. Selanjutnya, kencangkan otot dasar panggul, tahan kontraksi selama lima detik, dan rileks selama lima detik lagi. Ulangi langkah ini setidaknya lima kali.

Cara lainnya bisa dengan pelvic tilt exercise. Pertama, berdiri dengan bahu dan pantat menempel ke dinding dan jangan biarkan lutut terlalu kencang. Kemudian tarik pusar ke arah tulang belakang. Pastikan punggung harus rata dengan dinding. Selanjutnya, kencangkan pusar selama sekitar empat detik, lalu lepaskan. Lakukan ini 10 kali, hingga 5 kali sehari.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT