Selasa, 06 Agu 2019 11:37 WIB

Niat Hemat untuk Nikah, Pria Ini Meninggal Gara-gara Insulin Murahan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi insulin. Foto: Getty Images Ilustrasi insulin. Foto: Getty Images
Jakarta - Untuk melangsungkan pernikahan memang bukan hal yang murah, dibutuhkan biaya yang cukup besar. Kebanyakan calon pengantin pasti memilih untuk menghemat pengeluaran sehari-hari demi terwujudnya pernikahan yang diidam-idamkan.

Begitu juga yang dilakukan oleh calon pengantin asal Amerika Serikat, Josh Wilkerson dan Rose Walters. Pasangan yang sama-sama mengidap diabetes tipe 1 ini memutuskan untuk mengemat uangnya dalam pembelian insulin.

Mereka menemukan insulin tanpa resep yang lebih murah dengan harga 25 dollar atau setara dengan Rp 350 ribu daripada insulin yang biasa dibelinya dengan harga 140 hingga 1.000 dollar atau setara dengan Rp 2 juta hingga Rp 14 juta.

Bagaimana bisa Josh membeli insulin dengan harga seperti itu sementara ia hanya seorang pengantar surat dan penjaga kandang anjing dengan gaji sebesar 16,5 dollar atau setara dengan Rp 200 ribu per jam.

"Kami pikir 'Hei, ini hanya 25 dollar. Tapi, fakta bahwa butuh waktu lama untuk ini (insulin -red) bekerja? Itu membuatku sedikit takut," ungkap Rose dikutip dari Independent.



Sayangnya, insulin yang dibeli dengan harga murah itu tidak sesuai ekspektasi mereka. Insulin itu struktur kimianya menggumpal sehingga cenderung membutuhkan waktu lama untuk mulai bekerja menstabilkan kadar gula darah.

Insulin biasanya akan bekerja dalam waktu 15-30 menit. Namun insulin yang dibeli murah itu bisa bekerja setelah 30-60 menit. Waktu itu sangat berpengaruh pada kondisi seseorang dengan diabetes.

Josh yang menggunakan insulin murah itu sejak 2018, di akhir hayatnya kerap mengeluhkan sakit perut yang tidak biasa. Pada malam ia meninggal, Josh tengah mengawasi anjing-anjing. Namun selama 12 jam kemudian, Josh tidak memberi kabar kepada Rose.

Rose pun segera menghampiri Josh dan menemukannya tergeletak di lantai dalam keadaan tak sadarkan diri.

"Aku hanya ingat menampar wajahnya, mengatakan 'sayang, bangun. Kamu harus bangun!'" cerita Rose.

Josh dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan koma karena diabetesnya. Dokter pun mengatakan bahwa kemungkinan Josh mengalami stroke beberapa kali. Namun nyawanya tidak dapat terselamatkan.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)