Minggu, 20 Des 2020 12:01 WIB

Kisah Viral 11 Hari di ICU, Kena COVID-19 Meski Rajin Olahraga

Farah Nabila - detikHealth
Twitter @sampinggenic - atas izin yang bersangkutan Kena COVID-19 meski rajin olahraga (Foto: Twitter @sampinggenic - atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang pria membagikan kisah tentang dirinya terinfeksi COVID-19. Meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga, pria ini tidak menyangka akan positif virus Corona.

Kisah ini dibagikan oleh Andino melalui thread di Twitter dengan akun @sampinggenic yang menceritakan kronologis dirinya terinfeksi COVID-19. Ia menceritakan bahwa dirinya rutin olahraga 6 kali dalam seminggu dan tidak merokok.

"I workout 6 times a week and also abstain from cigarettes. I don't have any proir respiratory problem conditions. I thought i was in best health condition. Then, i was hospitalized for #COVID_19 for 17 days...," tulis @sampinggenic dalam tweet yang hingga kini sudah mendapat 13.600 likes dan 6.500 retweets tersebut.

Dalam tweet tersebut Andino menceritakan bahwa dirinya tidak menyangka akan terkena COVID-19. Ia mengatakan tidak memiliki riwayat masalah pernapasan dan menganggap bahwa tubuhnya sehat dan bugar.




Namun pada 12 November 2020, setelah berolahraga ia merasakan demam tinggi dan memutuskan untuk istirahat total selama dua hari. Kemudian tiga hari berikutnya ia memutuskan untuk olahraga kembali, tetapi dirinya sudah merasa tidak enak badan dan batuk. Dan pada 16 November, ia dinyatakan positif COVID-19.

"Siangnya mulai demam dari 38 - 41, udh gak tahan tengah malem lsg ke igd RSPP. Di screening ct thorax dua paru-paru sudah bercak putih, lalu di swab dengan hasil POSITIF #COVID19," ujar Andino saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Minggu (20/12/2020).

Setelah mengetahui dirinya positif, Andino langsung dirawat di rumah sakit. Namun pada hari ke enam dia dipindah ke ICU karena sesak napas dan saturasi oksigen sudah dibawah 90 persen.

"Pertama kali dirawat di RS, pertama kali diinfus, pertama kali pake selang oksigen, pertama kali pasang kateter, pertama kali harus pake pampers dan poop ditempat tidur dan pertama kali masuk ICU," tulis Andino dalam tweetnya.

Setelah menjalani perawatan selama 11 hari di ICU, Andino merasakan perbaikan yang signifikan di paru-paru. Kemudian pada 3 Desember 2020 dirinya telah dinyatakan negatif COVID-19.

Sejumlah netizen memberikan tanggapan positif pada kisah ini. Banyak netizen yang memberikan semangat dan mendoakannya selalu dalam keadaan sehat.

"Sy tdk memang tdk mengenal mu mas tp sy terharu you survived and Iam so happy for, Semoga corona cepat berlalu," ujar seorang netizen.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)