Rabu, 17 Nov 2021 14:22 WIB

Heboh Wanita 54 Tahun Ini Hamil Calon Cucunya Sendiri, Ini Kisah di Baliknya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi ibu hamil Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin
Jakarta -

Seorang wanita berusia 54 tahun kini tengah mengandung calon cucunya sendiri. Ia rela menggantikan posisi putrinya agar tetap bisa memiliki anak.

Wanita bernama Maree Arnold ini menggantikan putrinya yang terlahir dengan kelainan yang langka. Anaknya yang bernama Meagan White tidak memiliki rahim, sehingga tidak bisa mengandung bayinya sendiri.

Meagan merupakan wanita berusia 28 tahun yang bekerja di bidang perawatan. Pada usia 17 tahun, ia didiagnosis menderita sindrom MRKH atau Mayer Rokitansky Kuster Hauser, yaitu kondisi seseorang yang lahir tanpa rahim dan tidak bisa mengandung bayi.

"Saat remaja, saya menunggu siklus menstruasi saya, tapi itu tidak pernah terjadi. Akhirnya, ibu dan saya pergi ke dokter. Saya didiagnosis menderita MRKH yang berarti saya lahir tanpa memiliki rahim dan tidak akan pernah mengalami menstruasi," kata Meagan yang dikutip dari The Sun, Rabu (17/11/2021).

"Saya juga tidak pernah bisa mengandung anak. Namun, saya memiliki ovarium yang berfungsi, sehingga saya bisa memiliki anak dengan bantuan ibu pengganti," imbuhnya.

Mencari ibu pengganti

Awalnya, Meagan tidak terlalu memikirkannya. Tapi, saat bertemu dengan suaminya, Clayde (28), ia ingin menjadi seorang ibu. Beruntungnya, suaminya sangat menerima kondisi Meagan.

Meagan sempat mendapat ibu pengganti asal Kanada untuk mengandung anaknya. Namun, sayangnya ibu pengganti itu keguguran saat usia kandungannya berusia 21 minggu.

"Kami menemukan sukarelawan untuk menjadi ibu pengganti pada Januari 2019. Setelah berkomunikasi selama 9 bulan, kami bertemu langsung dengannya pada September 2019," kata dia.

"Kami pun melanjutkan transfer pertama, tetapi gagal. Pada percobaan kedua, wanita bernama Allison itu hamil pada Desember 2019. Sayangnya, pada Maret 2020 dokter mengatakan bahwa bayi perempuan yang dikandung Allison tidak memiliki ginjal dan tidak bisa bertahan hidup," jelasnya.

Bagaimana Maree menjadi ibu pengganti untuk cucunya? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]