Rabu, 26 Agu 2015 17:00 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Selain Sulit Bergerak, Ini Kerugian Lain Menggunakan Alas Kaki Sempit

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock/crossstudio
Jakarta - Terkadang demi alasan tertentu, seseorang rela menggunakan alas kaki yang sempit saat bepergian. Selain menyulitkan pergerakan, menggunakan alas kaki sempit juga memiliki kerugian bagi kesehatan.

dr Eddy Karta, SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan mengatakan bahaya utama dari menggunakan alas kaki yang sempit adalah pembuluh darah yang tersendat. Jika dilakukan dalam waktu lama bisa menimbulkan nyeri dan juga infeksi.

Baca juga: Butuh Trik Hilangkan Bau Kaki? Begini Aturan Pakai Sepatunya

"Perlu diingat juga jika menggunakan alas kaki yang terlalu kecil, ketika banyak bergerak bisa membuat kulit kaki lecet dan lepuh-lepuh," tutur dr Eddy kepada detikHealth, seperti ditulis Rabu (26/8/2015).

dr Sari Chairunnisa, SpKK, dari Bamed Skin Care juga mengingatkan bahaya menggunakan alas kaki yang sempit. Perasaan tidak nyaman serta penumpuan berat badan yang tidak benar akan meningkatkan risiko jatuh.

Selain itu, menggunakan alas kaki yang sempit juga bsia memicu munculnya kutu air dan infeksi jamur. Seperti diketahui, kutu air dan jamur muncul karena daerah kaki yang terlalu lembab karena sering basah.

Oleh karena itu ketika memang terpaksa menggunakan alas kaki yang sempit, harus sering-sering dibuka. Selain untuk melancarkan peredaran darah, membuka alas kaki yang sempit juga bisa digunakan untuk mengelap kaki dengan tisu sehingga tak jadi lembab.

"Jika memaksakan memakai alas kaki yang kurang pas harus dibatasi waktunya, dan setelah selesai kaki direndam di air hangat untuk melancarkan peredaran darah, kemudian diberikan dikeringkan dan diberi pelembab untuk meminimalisasi kerusakan kulit," pungkas dr Eddy.

Baca juga: Hii, Kaki Bau? Bisa Jadi karena Kuku Panjang dan Berjamur (mrs/up)