Rabu, 06 Apr 2016 18:04 WIB

Cerdas Memberi MPASI

Agar Jadwal Makan Anak Teratur, Ini yang Bisa Dilakukan oleh Orang Tua

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Topik Hangat Cerdas Memberi MPASI
Jakarta - Orang tua tentu akan senang jika anaknya bisa teratur makan mengikuti jadwal seperti seharusnya. Selain dapat memenuhi kebutuhan gizinya, kebiasaan makan sesuai waktunya ini juga akan dibawa anak sampai dewasa kelak.

Menurut dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA atau dr Tiwi, jadwal makan anak sebaiknya tetap diperhatikan dan tak dianggap enteng. Ini supaya anak disiplin terhadap waktu makan.

Salah satu caranya adalah dengan membiasakan anak bangun pagi. Ini supaya anak paham bahwa ada waktu makan pagi yaitu sarapan. Jika anak bangun siang, maka waktu sarapannya akan hilang. Ia tidak akan mengenali bahwa ada waktu makan di pagi hari.

"Seringkali di kota besar banyak bayi tidur jam 11 malam, gara-gara jam 9 malam masih diajak ke mal. Harusnya bayi itu jadwal tidurnya bagus dari awal. Intinya bayi itu tertib kalau orang tuanya tertib," tegas dr Tiwi saat berbincang dengan detikHealth.

Untuk makan sore, dianjurkan orang tua juga menerapkan jadwal yang teratur. Misalnya anak dimandikan pukul 4 sore, lalu makan pada pukul 5 atau paling telat pukul setengah 6 sore. Kemudian pukul 7 atau setengah 8 sudah waktunya masuk kamar dan tidur. Dengan begitu, waktu tidur anak akan tercukupi dan besoknya bisa bangun pagi untuk sarapan kembali.

"Kalau dia bangun jam 8 pagi jadi nggak sarapan kan? Makanya harus diatur, misalnya anak mandi pagi jam setengah 7, lalu makan pagi jam setengah 8. Habis makan mereka menyusu lalu tidur," ujar dokter yang praktik di RS Bunda Jakarta ini.

Saat anak bangun tidur siang, orang tua bisa memberikan camilan berupa buah. dr Tiwi menyebutkan bahwa biasanya anak senang diberikan makan saat baru bangun tidur dan setelah mandi.

Jika sejak bayi anak sudah dibiasakan dengan jadwal makan yang teratur seperti ini, kelak saat beranjak dewasa ia juga akan terbiasa untuk makan dengan terjadwal. "Nanti saat mulai sekolah, anak sudah terbiasa makan pagi. Nggak bisa anak pas sudah besar tiba-tiba biasa makan pagi kalau nggak dibiasakan sama orang tuanya sejak kecil," imbuhnya.

Seperti yang kita tahu, sarapan adalah salah satu waktu makan yang penting. Sebab anak memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk berpikir dan belajar di sekolah. Kalau ia tidak terbiasa sarapan, maka kemampuannya untuk belajar dan konsentrasi di sekolah bisa terhambat.

Baca juga: MPASI Pertama untuk si Kecil, Buah atau Bubur Susu? (ajg/up)
Topik Hangat Cerdas Memberi MPASI