Jumat, 13 Nov 2020 15:00 WIB

Beda Jenis Alkohol, Benarkah Efek Mabuknya Juga Beda?

Farah Nabila - detikHealth
Minuman beralkohol, alkohol, Berbagai jenis minuman beralkohol (Foto: Getty Images/iStockphoto/MaximFesenko)
Jakarta -

DPR tengah membahas RUU Larangan Minuman Beralkohol. Dalam keterangannya, ada beberapa jenis alkohol yang bakal dilarang baik dari sisi peredaran dan konsumsinya.

Ada beragam jenis minuman alkohol seperti salah satunya bir dan wine. Menurut sebuah penelitian, efek yang bisa timbul usai minum minuman beralkohol juga berbeda tergantung jenis minumannya.

Dikutip dari Live Science, sebuah penelitian menyebut minuman keras yang memiliki kadar alkohol lebih tinggi sering dikaitkan dengan perasaan agresi.

"Memahami emosi yang terkait dengan konsumsi alkohol, sangat penting untuk mengatasi penyalahgunaan alkohol, hal ini memberikan wawasan tentang emosi dapat dipengaruhi oleh pilihan minuman di antara berbagai kelompok dalam populasi," tulis para peneliti dalam laporannya.

Pada penelitian dalam the Journal BMJ Open, para peneliti menggunakan data dari Global Drug Survey, terkait penggunaan alkohol di usia dewasa. Survei berkaitan dengan pertanyaan soal emosi yang muncul usai meminum minuman beralkohol.

Emosi yang dianalisis dalam survei termasuk perasaan berenergi, santai, seksi, percaya diri, lelah, agresif, sakit, gelisah dan menangis. Ada 30 ribu peserta yang mengikuti survei dari 21 negara dengan usia 18 hingga 31 tahun.

Apa efek yang ditimbulkan masing-masing jenis minuman beralkohol?

Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Spirits

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis alkohol yang berbeda dapat memicu emosi yang berbeda pula. Spirits, misalnya, lebih cenderung menimbulkan perasaan negatif daripada semua jenis alkohol lainnya.

Namun, para peneliti juga menemukan bahwa spirits dikaitkan dengan emosi yang lebih positif daripada bir atau wine, seperti energi, kepercayaan diri, dan keseksian.

"Studi global ini menunjukkan saat ini mengonsumsi spirits lebih cenderung menghasilkan perasaan agresif daripada minuman lain," tambahnya.

2. Red wine

Namun berbeda dengan red wine, minuman ini dikaitkan dengan perasaan yang lebih positif. Sekitar 53 persen peserta survei mengatakan mereka merasa rileks setelah minum red wine. Sekitar 50 persen peserta juga mengaitkan perasaan positif ini dengan minum bir.

Efek alkohol juga dipengaruhi gender? Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sanksi Bui 2 Tahun dan Poin Penting di RUU Larangan Minuman Beralkohol"
[Gambas:Video 20detik]