Jumat, 28 Des 2018 07:01 WIB

Lupakan Resolusi Sehat Tahun Baru, 'Resolusi Senin' Diklaim Lebih Efektif

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Resolusi jangka panjang disebut lebih sering gagal (Foto: iStock) Resolusi jangka panjang disebut lebih sering gagal (Foto: iStock)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019
Jakarta - Akhir tahun semakin dekat, makin banyak pula yang memikirkan resolusi kesehatan untuk tahun depan seperti berdiet, makan lebih sehat, makin rajin olahraga dan berhenti merokok. Daripada pusing mikirin resolusi sehat tahun baru, nggak ada salahnya untuk sedikit memodifikasinya seperti resolusi senin.

Sebab, penelitian yang dilakukan oleh Marist pada tahun 2017 lalu, banyak orang gagal untuk mematuhi resolusi sehat mereka. Namun bukan berarti harus menyerah untuk menentukan pola hidup sehat. Tetapi, perlu memikirkan kembali strategi baru yang lebih pas untuk dilakukan.

Menurut beberapa ahli, daripada menetapkan tujuan selama setahun di awal tahun lebih baik membuat pendekatan yang lebih efektif dengan membuat 'Resolusi Senin' yang bisa dianggap sebagai resoulusi mini.



"Ini membuat pencapaian tujuan untuk lebih sehat akan lebih berkelanjutan. Sebab tahun baru hanya datang sekitar sekali dalam setahun, tetapi hari Senin ada setiap tujuh hari," ujar Peggy Neu, ketua dari The Monday Campaign, dikutip dari CNN.

Tidak seperti hari-hari lain dalam seminggu, Senin menawarkan kesempatan baru untuk membuat resolusi kesehatan dalam menetapkan niat dan kembali pada rencana awal.

"Senin dapat dianggap sebagai Tahun Baru dalam seminggu, yakni waktu untuk menyegarkan kembali resolusi lama dan mencoba yang lebih baik di minggu mendatang," kata Joanna Cohen, direktur Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health Institute, dikutip dari CNN.

Dalam sebuah penelitian yang berjudul 'Hari Apa yang Paling Sehat?" yang diteritkan dalam American Journal of Preventive Medicine oleh Joanna Cohen dan rekannya menemukan kebanyakan orang mencari tips sehat pada hari Senin dan Selasa.



"Kami melihat hal-hal seperti resep sehat, diet sehat, dan yang semacamnya untuk melihat pola pencarian berdasarkan hari dalam seminggu. Dan memang, pada awal minggu khususnya Senin dan Selasa lebih banyak orang mencari keyword yang sehat dan trennya menurun saat semakin dekat dengan akhir pekan," tutur Cohen.

Faktanya lainnya, pencarian kata kunci sehat pada Senin dan Selasa 30 persen lebih besar dari rata-rata gabungan Rabu hingga Minggu. Sebab, banyak orang cenderung menjadi sehat di awal pekan daripada akhir pekan.

Penelitian ini juga mengungkapkan bagi yang ingin membantu orang lain menjadi sehat akan lebih bisa menjangkau mereka di awal minggu daripada Jumat dan Sabtu.

Jika resolusi tahun baru kamu menjadi lebih sehat, rajin berolahraga dan hal sejenis, pikirkan saja hari Senin adalah pengganti tanggal 1 Januari yang baru.



(kna/up)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019