Sabtu, 05 Jan 2019 15:50 WIB

Kemenkes Tegaskan Pelayanan Pasien BPJS di RS Harus Tetap Berjalan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pengumuman RS CItama Bogor untuk sementara tidak layani pasien BPJS. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth Pengumuman RS CItama Bogor untuk sementara tidak layani pasien BPJS. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
Jakarta - Terkait sertifikasi akreditasi, beberapa rumah sakit putus kontrak dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan sehingga memberhentikan sementara pelayanan pasien JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Namun, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat rekomendasi pada BPJS Kesehatan untuk memperpanjang kontrak dengan rumah sakit-rumah sakit yang bekerja sama. Surat tersebut tertuang pada Surat Menteri Kesehatan Nomor HK.03.01/Menkes/18/2019 yang keluar pada tanggal 4 Januari 2019.

"Itu kan sudah ada surat Menkes. Jadi seharusnya tidak ada yang tidak melayani pasien BPJS," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Primadi kepada detikHealth, Sabtu (5/1/2019).


Berdasarkan rekomendasi tersebut, Oscar berharap masyarakat tidak perlu resah untuk mendapatkan layanan JKN di setiap fasilitas kesehatan.

"Masyarakat khususnya peserta JKN tidak perlu resah karena tetap akan mendapatkan pelayanan seperti biasa," ungkapnya.

Oscar juga berharap semua rumah sakit yang sebelumnya menghentikan pelayanan terkait BPJS Kesehatan, sudah mulai lagi melakukan pelayanan pada pasien JKN.



(wdw/up)
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
News Feed