Senin, 07 Jan 2019 17:15 WIB

RSCM Bantah Masa Akreditasinya Telah Habis

Rosmha Widiyani - detikHealth
RS Cipto Mangunkusumo (Foto: Dwi Andayani-detikcom) RS Cipto Mangunkusumo (Foto: Dwi Andayani-detikcom)
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
Jakarta - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membantah kabar yang menyatakan, masa akreditasi rumah sakit (RS) tersebut sudah habis. Penilaian akreditasi sangat penting untuk menjamin mutu dan keselamatan pasien selama menjalani perawatan di RS.

"Saat ini kami menggunakan akreditasi internasional Joint Commission International (JCI). Untuk akreditasi ini masa berlakunya masih sampai 3 Juni 2019," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSCM dr Sumariyono SpPD-KR, MPH pada detikHealth, Senin (07/01/2019).

Dr Sumariyono menjelaskan, keputusan RSCM menggunakan akreditasi internasional sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomer 34 tahun 2017. Dalam aturan tersebut, RS bisa memilih menggunakan akreditasi dalam atau luar negeri.

RSCM telah mengajukan survei tiga tahunan (three annual survey), untuk memperpanjang masa berlaku akreditasi internasional. Sumariyono mengatakan, survei sebelumnya berlangsung pada 2013 dan 2016, yang menghasilkan akreditasi yang berlaku selama 3 tahun.



Akreditasi bersifat wajib bagi tiap RS demi keselamatan pasien selama menjalani perawatan. Sesuai ketentuan dalam permenkes, lembaga akreditasi harus bersifat independen. Lembaga dari dalam atau luar negeri tersebut harus diakui dan memenuhi syarat International Society for Quality in Healthcare (ISQua).

Informasi bahwa akreditasi RSCM telah kedaluarsa tercantum di situs Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Data tersebut menyebutkan sertifikasi RSCM berakhir pada 9 Agustus 2018.

"Dilihat dari data KARS memang masa berlaku sertifikasi RSCM sudah habis. Untuk memperpanjang sertifikasinya, pemerintah membolehkan akreditasi dari dalam dan luar negeri asal dilakukan lembaga independen dan diakui internasional," kata Ketua Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dr Sutoto pada detikHealth, Senin (07/01/2019).

Menurut dr Sutoto, kata sertifikasi dalam daftar tersebut punya makna yang sama dengan akreditasi. Sesuai aturan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomer 34 tahun 2017, setiap rumah sakit wajib terakreditasi. Dengan aturan ini, RSCM dihimbau segera memperpanjang akreditasinya.

(up/up)
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
News Feed