Selasa, 05 Feb 2019 07:02 WIB

Jangan Sampai Salah, Kenali Beda Tumor dan Kanker

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tumor dan kanker sama-sama ditandai dengan benjolan (Foto: iStock) Tumor dan kanker sama-sama ditandai dengan benjolan (Foto: iStock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Nampaknya, masih banyak yang belum sepenuhnya mengetahui beda dari tumor dan kanker serta menganggap keduanya sama. Memang, tumor dan kanker sama-sama ditandai dengan adanya benjolan, tapi ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

"Jadi, semua benjolan yang tidak normal namanya adalah tumor. Tumor itu ada yang ganas ada yang jinak. Kalau yang jinak, di operasi 15 menit selesai. Tapi kalau yang ganas, tidak ada batas antara jaringan normal dan kanker," tutur Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad pada detikHealth belum lama ini.

Meskipun tidak semua benjolan adalah kanker, namun beberapa diantaranya bisa lebih berbahaya. Sebab itu, pemeriksaan benjolan sangatlah penting.

"Oleh karena itu jangan kaget kalau ada kanker payudara 2 cm, payudaranya diangkat semua. Karena yang 2 cm itu kan yang teraba, tetapi lainnya yang menyebar kita tidak pernah tahu," tambahnya.



Tumor dapat menjadi kanker saat ganas. Hal ini berarti dapat menyerang bagian vital tubuh dan menyebar ke mana-mana.

"Ada satu hal yang sangat membahayakan ketika sel kanker masuk ke pembuluh darah, maka ada kemungkinan sel kanker hidup di tempat lain seperti otak, paru-paru, liver, tulang, dan inilah yang seringkali membawa ke arah yang tidak baik sampai ke kematian," pungkasnya.



Tonton Juga 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]


Jangan Sampai Salah, Kenali Beda Tumor dan Kanker

(kna/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia