Minggu, 12 Mei 2019 13:05 WIB

Tips Puasa Sehat Bagi Pasien Penyakit Jantung

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi kesehatan jantung yang tak menghalangi seseorang puasa Ramadhan. Foto: thinkstock Ilustrasi kesehatan jantung yang tak menghalangi seseorang puasa Ramadhan. Foto: thinkstock
Jakarta - Ramadhan datang, suka cita pun menyambut seluruh umat muslim dan berbondong-bondong menjalani perintah puasa. Meskipun orang yang sedang sakit tidak dipaksakan untuk berpuasa, bagi pasien jantung ternyata saum bisa memberikan manfaat loh bagi kesehatan.

Hal ini dijelaskan oleh Prof Dr dr Yoga Yuniadi, SpJP(K), Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) beberapa waktu lalu.

"Puasa itu wajib. Saumlah kamu sehat kata Rasulullah. Jadi orang yang sakit pun berpuasa bisa jadi sehat. Termasuk orang penyakit jantung," ujar Prof Yoga.

Beliau menuturkan bahwa penyakit jantung secara umum disebabkan oleh karena intake atau asupan makanan berlebih, kolesterol berlebih, garam dan lemak berlebih, juga stres. Nah, dengan berpuasa, aspek makanan pun diatur sehingga membuat itu lebih baik.
"Puasakan mengistirahatkan banyak organ tubuh dalam hal ini terutama sistem pencernaan dan itu sudah banyak berbagai penelitian berpuasa berdampak baik bagi kesehatan."

Selama dilakukan dengan aturan yang pasti, minum obat dengan teratur dan cukup cairan maka puasa bukanlah suatu penghalang. Prof Yoga menekankan pada pasien gagal jantung yang harus dilakukan adalah restriksi cairan (mengurangi asupan cairan). Cairan yang berlebihan membuat kerja jantung yang sudah lemah menjadi lebih berat.

"Makanya yang gagal jantung biasanya kita sarankan maksimal 1,5 liter per hari, jumlah yang sedikit. Kalau dalam berpuasa kan bagus, sepanjang siang dia tidak ada intake. Tapi bukan berarti nol intake dalam cairan. Tetap cairan harus masuk, kalau nggak ginjalnya akan terganggu," tegasnya.



Hati-hati Sakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda! Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Tips Puasa Sehat Bagi Pasien Penyakit Jantung
(ask/up)
News Feed