Senin, 13 Mei 2019 08:09 WIB

Hoam! 5 Tips Jitu Biar Nggak Ngantuk Saat Puasa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi ngantuk saat puasa. Foto: thinkstock Ilustrasi ngantuk saat puasa. Foto: thinkstock
Jakarta - Jam tidur yang berkurang saat puasa membuat kita mudah mengantuk. Apalagi saat memasuki jam-jam kritis rawan mengantuk, seperti jam 09.00-10.00.

Rasa kantuk juga bisa terjadi pada pukul 14.00-17.00, karena pada waktu tersebut kadar gula darah mulai turun di dalam tubuh. Sudah mengantuk, lapar pula, sudah tidak bisa fokus deh.

Untuk mencegah agar kantuk tidak menurunkan produktivitas, cobalah beberapa tips yang dikutip dari WebMD ini.



1. Bergerak!

Kalau mengantuk jangan hanya diam saja menunggu mata justru tertutup perlahan. Bangunlah dari kursimu dan bergerak lah sesaat. Kamu bisa melakukan peregangan atau berjalan.

Sebuah penelitian yang dilakukan seorang profesor di California State University, Robert Thayer, PhD menemukan bahwa berjalan 10 menit bisa meningkatkan energi tubuh selama dua jam. Hal ini dikarenakan berjalan dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot.

2. Tidur siang

'Tidur itu ibadah' selalu menjadi slogan agar bisa menikmati tidur siang di kala berpuasa. Nggak ada salahnya kok bila mengantuk saat puasa kemudian tidur siang sebentar.

Menurut pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness, tidur siang membuat bagian otak yang selalu aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat. Sementara itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi serta bisa membuat seseorang lebih fokus, produktif, dan kreatif.

Namun manfaat itu bisa dirasakan bila tidur siang tidak lebih dari setengah jam, kira-kira 15-20 menit.



3. Mengalihkan pandangan


Jika kamu bekerja seharian di depan layar komputer tentu saja dapat menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk rasa kantuk juga kelelahan. Alihkan pandanganmu dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala untuk menenangkan mata.

4. Bekerja di tempat terang

Jangan bekerja di tempat yang minim pencahayaan, apalagi saat berpuasa, itu dapat memperparah kelelahan dan rasa kantuk. Penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Tingkatkanlah intensitas cahaya di tempatmu bekerja.

5. Olahraga

Kata siapa saat berpuasa tidak boleh berolahraga? Olahraga saat puasa tetap dianjurkan, namun dianjurkan saat setelah berbuka atau setelah sahur. Berolahraga juga dapat membantu tubuh tidak mudah mengantuk.

Berdasarkan analisis terhadap 70 studi, para peneliti Universitas Georgia menemukan bahwa olahraga lebih efektif dalam meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi masalah tidur. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Serangan ngantuk saat puasa.Serangan ngantuk saat puasa. Foto: infografis


(wdw/up)
News Feed