Senin, 27 Mei 2019 12:50 WIB

Waspada 'Hipnotis' Jelang Lebaran, Bagaimana Cara Kerjanya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pada dasarnya hipnosis adalah cara menyampaikan pesan yang bisa memotivasi kita. (Foto ilustrasi: Zaki Alfarabi) Pada dasarnya hipnosis adalah cara menyampaikan pesan yang bisa memotivasi kita. (Foto ilustrasi: Zaki Alfarabi)
Jakarta - Menjelang lebaran biasanya akan terjadi peningkatan arus mudik dan bersamaan dengan itu kadang muncul cerita pemudik dihiptonis agar menyerahkan harta benda mereka. Apakah dengan ditepuk bahu atau dari tatapan mata, seperti apa sebetulnya hipnotis bekerja?

dr Wira Prasetya, SpKFR, dari Perkumpulan Praktisi Hipnosis dan Hipnoterapi Seluruh Indonesia (PRAHIPTI) menjelaskan bahwa hipnotis atau hipnosis pada dasarnya adalah seni untuk menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata.


Hal yang membuat hipnosis spesial adalah cara pesan disampaikan sehingga seseorang jadi termotivasi segera melaksanakan pesan tersebut. Pesan tidak bisa sembarangan bertentangan dengan nilai dan sistem kepercayaan lawan bicara.

"Misalkan menyerahkan harta dan uang Anda. Semudah itukah? Jawabannya tentu saja tidak," kata dr Wira dalam tulisannya yang diterima detikHealth dan ditulis pada Senin (27/5/2019).

"Karena pikiran kita sudah dijaga oleh semacam filter yang seringkali dalam bahasa hipnosis disebut sebagai "critical factor", dan dilindungi oleh banyak aspek, belief, dan lain sebagainya. Sehingga tidak setiap pesan yang masuk dalam diri kita akan langsung dituruti dan diikuti," lanjutnya.

Menurut dr Wira apa yang terjadi dalam kebanyakan cerita kejahatan hipnosis di momen lebaran adalah penipuan semata. Kadang penipuan tersebut dikombinasikan dengan berbagai modus lain seperti copet yang mengalihkan perhatian atau pemberian makan dan minum berisi obat bius.

"Oleh sebab itu, jangan membayangkan bahwa tiba-tiba Anda ditepuk, lalu Anda secara mudah dan otomatis menyerahkan uang, harta serta langsung mengikuti begitu saja keinginan orang tersebut tanpa komunikasi apapun," ungkap dr Wira.

(fds/up)