Rabu, 29 Mei 2019 19:40 WIB

Waspadai 3 Titik Macet di Jawa, Ini Tips Bugar Saat Mudik

Rosmha Widiyani - detikHealth
Hati-hati di jalan saat mudik, selalu perhatikan kondisi kebugaran tubuh. (Foto ilustrasi: Akrom Hazami/detikcom) Hati-hati di jalan saat mudik, selalu perhatikan kondisi kebugaran tubuh. (Foto ilustrasi: Akrom Hazami/detikcom)
Jakarta - Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas (Kabag Ops Korlantas) Polri Komisaris Besar (Kombes) Pol Benyamin mengingatkan, ada 3 titik yang berpotensi menjadi sumber kemacetan selama musim mudik 2019. Hal ini terkait volume kendaraan yang meningkat dibanding hari biasa.

"Tiga titik ini dimulai dari yang paling dekat dengan Jakarta adalah Tol Cikampek, karena masih ada jalan elevated dan jalur kereta cepat. Selain itu ada juga di Jawa Tengah dan Jawa Barat," kata Kombes Pol Benyamin dikutip dari detikcom.

Titik kemacetan di Jawa Barat berada di Malangbong dengan jalan, berkelok, dan kerap ada pasar. Sementara di Jawa Tengah berada di Pasar Tunjung, Brebes yang merupakan penghubung jalur utara dan selatan menuju Purwokerto.


Kemacetan saat mudik bisa berdampak buruk pada kesehatan paru dan pernapasan. Dampak ini bisa diantisipasi dengan melakukan beberapa upaya pencegahan.

"Dampak kemacetan yang bisa terjadi yaitu outdoor air pollution, indoor pollution, ergonomi, kelelahan, kurang tidur, stres, kepadatan populasi, nutrisi, hidrasi dan, kematian," kata dokter ahli paru DR dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) pada detikHealth beberapa waktu lalu.


Berikut beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menerjang macet.

1. Cek kendaraan sebelum berangkat

Pastikan kendaraan yang digunakan saat mudik kondisi baik. Selain itu, jtidak lupa untuk membawa ban serep dan peralatan urgent lain yang diperlukan setiap saat.

2. Semua pemudik dalam kondisi sehat

Minum vitamin, mencatat kondisi kesehatan, dan menyiapkan obat yang diperlukan menjadi syarat wajib untuk tetap sehat. tubuh yang sehat memungkinkan perjalanan berlangsung baik.


3. Atur AC

Jika dalam keadaan terjebak macet usahakan mengatur AC mobil dalam mode recirculate. Dengan mode ini, AC menggunakan udara dari dalam mobil bukan mengambil dari luar. Mode ini mencegah AC menggunakan udara yang tercemar polusi di luar mobil.

4. Terapkan pola hidup bersih dan sehat

Pola hidup bersih dan sehat menjadi tips lain yang harus diterapkan selama perjalanan. Dr Agus juga mengingatkan tidak merokok dan menggunakan masker untuk mencegah udara kotor menginfeksi paru.

(up/up)