Jumat, 16 Agu 2019 11:37 WIB

Riset Akar Bajakah untuk Kanker Payudara Terima Apresiasi Prestasi Pancasila

Rosmha Widiyani - detikHealth
Para siswa yang meneliti akar bajakah untuk kanker payudara (Foto: dok: IYSA) Para siswa yang meneliti akar bajakah untuk kanker payudara (Foto: dok: IYSA)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Riset akar bajakah yang digawangi dua siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah memperoleh penghargaan dari pemerintah. Penghargaan tersebut adalah Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila Tahun 2019 yang rencananya diberikan pada peringatan Kemerdekaan Indonesia pada (17/8/2019).

Dalam informasi yang diperoleh detikHealth, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri merupakan satu dari 74 entitas yang memperoleh penghargaan tersebut. Apresiasi diberikan kepada mereka yang mengukir prestasi dalam bidang sains dan inovasi, olahraga, seni budaya dan bidang kreatif, serta social entrepreneurship.



Studi Aysa dan Anggina membuktikan bajakah punya potensi menangani penyakit kanker payudara. Riset tanaman asli Kalimantan ini sukses membawa Indonesia berjaya di ajang riset internasional. Hasil riset ini juga menjadi sorotan dan perbincangan hangat masyarakat Indonesia.

Riset ini mendapat sambutan hangat dari para dokter Indonesia. Dokter ahli kanker Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP berharap ada riset lanjutan soal bajakah. Riset tersebut bertujuan mengetahui zat aktif yang bisa melawan kanker, sehingga bajakah bisa dikonsumsi sebagai alternatif menangani penyakit.



"Pasien boleh saja berharap dengan fungsi akar bajakah dalam menangani kanker. Tapi harus diingat, bajakah masih perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui manfaatnya pada penanganan kanker. Konsumsi bajakah jangan sampai menggantikan obat yang khasiatnya telah terbukti," kata Prof Aru.

Kanker payudara saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita Indonesia. Jumlah kasusnya cenderung meningkat tiap tahun dengan biaya pengobatan yang makin besar. Riset bajakah memunculkan harapan alternatif pengobatan baru bagi mereka yang mengalami kanker.



Simak Video "Bangga! Ini Tangan Bionik Ciptaan Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
News Feed