Sabtu, 17 Agu 2019 13:51 WIB

Akar Bajakah Makin Viral, Rumah Siswa SMAN 2 Palangkaraya 'Diserbu' Warga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rumah Yazid, Anggina, dan Aysa diserbu warga gara-gara viralnya akar bajakah. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Akar bajakah makin ramai diperbincngkan terkait viralnya informasi tentang efeknya sebagai 'obat' kanker payudara. Siswa SMAN 2 Palangkaraya yang meneliti tanaman tersebut, yaitu Yazid, Anggina, dan Aysa, kelimpungan meladeni rasa penasaran warga.

Salah seorang di antaranya, Aysa Aurealya Maharani, mengungkapkan, rumahnya beserta dua temannya disambangi warga untuk meminta akar bajakah.

"Iya benar, rumah kita sampai didatangi banyak warga untuk minta akar bajakah itu," ujar Aysa kepada detikHealth saat ditemui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di daerah Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019).



Menjawab rasa penasaran warga, Aysa dan kedua temannya menjelaskan kepada bahwa obat ini harus diteliti lebih lanjut untuk bisa diproduksi secara luas.

"Ya kami menjelaskan kepada mereka kalau ini baru penelitian awal, jadi belum bisa diproduksi luas. Kita kan harus meneliti untuk memastikan khasiatnya," jelasnya.

Siswi yang bercita-cita sebagai dokter ini berharap, bantuan yang diberikan Gubernur Palangka Raya nantinya bisa mendukung penelitian akar bajakah ini lebih lanjut.



Simak Video "Stigma Negatif Bikin Masyarakat Pilih Sembunyikan Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?