Selasa, 15 Sep 2020 14:50 WIB

Tak Disarankan Digunakan di KRL, Ini Bentuk Masker Scuba

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Berbagai bentuk masker scuba Bentuk masker scuba yang tak disarankan digunakan di KRL. (Foto: Defara Millenia Romadhona)
Topik Hangat Masker Scuba Dilarang?
Jakarta -

PT KCI menghimbau para penumpangnya untuk menghindari penggunaan masker scuba. Dari penjelasan PT KCI, masker jenis tersebut dianggap kurang efektif dalam mencegah penularan virus Corona.

Sebagai gantinya, PT KCI lebih menyarankan untuk menggunakan masker berbahan kain atau masker kesehatan. Meskipun populer digunakan, banyak yang masih meragukan efektivitas masker ini dalam menyaring partikel debu maupun virus Corona.

Seperti apa sih bentuk masker scuba?

Bentuk masker scuba ini seperti masker pada umumnya. Tetapi, masker ini dinilai lebih nyaman dipakai karena bahannya yang elastis dan bisa melar alias stretch yang akan mengikuti bentuk wajah pemakainya.

Tidak seperti jenis masker lain, lapisan masker ini umumnya tidak didobel. Jenis masker ini hanya memiliki satu lapisan saja, sehingga agak diragukan efektivitasnya.

Terbuat dari bahan apa?

Jenis masker ini menggunakan bahan yang bernama scuba. Dikutip dari Sewport, scuba adalah nama lain untuk neophrene atau polycloroprene yaitu salah satu jenis kain sintetis. Kain ini disebut scuba karena cukup populer dipakai bahan pakaian para penyelam 'scuba'.

Kain scuba ini termasuk jenis kain double knit yang kuat, tetapi cukup ringan yang mirip dengan spandex atau lyra yang banyak digunakan untuk pakaian olahraga.

Namun untuk keperluan membuat masker, berdasarkan penelitian di jurnal Disaster Med Public Health Preparedness lebih menyarankan bahan masker bedah yang paling efektif untuk menangkal partikel berukuran 0,02 mikron.

Efektifkah untuk menangkal virus Corona?

Menurut dokter paru dari Omni Hospitals Pulomas dr Frans Abednego Barus, SpP, kemampuan proteksi masker semacam ini memang terbatas. Bahkan tingkat keamanannya masih di bawah standar.

"Tingkat keamanannya tetap di bawah masker standar bedah maupun N95," katanya saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Masker Buff dan Scuba Tak Disarankan Dipakai di KRL, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Masker Scuba Dilarang?