Selasa, 15 Sep 2020 17:15 WIB

Masker Scuba dan Buff Tak Disarankan Saat di KRL, Ini Suara Warga

Defara Millenia Romadhona, Elsa Himawan - detikHealth
masker scuba Masker scuba dinilai tidak efektif menangkal droplet (Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth)
Topik Hangat Masker Scuba Dilarang?
Jakarta -

PT KCI sedang melakukan sosialisasi kepada pengguna KRL untuk menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Menurut VP Corporate Communications PT KCIL, Anne Purba, kedua jenis masker ini dapat berpotensi menyebarkan droplet. Anne menyarankan agar pengguna KRL memakai masker kain berlapis dan masker kesehatan.

Rupanya, banyak juga warga yang sependapat. Beberapa pengguna KRL yang ditemui detikcom mendukung imbauan tersebut.

Lenny seorang pengguna KRL yang menyebut bahwa penggunaan masker buff dan scuba memang lebih berisiko menularkan virus. Karena itu, tak ada ruginya bila adanya aturan pelarangan menggunakan masker tersebut.

"Menurutku memang jangan pakai masker buff dan scuba sih. Karena tipis dan useless juga jadinya," ucap Lenny kepada detikcom, Selasa (15/09/2020).

Pendapat senada disampaikan Cristine Natalie, seorang 'anker' alias anak kereta yang menganggap sangat logis bila ada larangan penggunaan masker scuba dan buff di KRL. Sebab, masker itu memungkinkan virus lebih mudah tersebar. Menurut Cristine, memang lebih baik menggunakan masker yang berlapis.

"Mungkin bisa dari PT KAI-nya yang sediakan masker buat dibeli atau bisa disarankan penggunanya beli dulu kalau memang di sekitar stasiun ada yang jual," ujarnya.

Pengguna KRL lainnya, Claudia, juga menilai aturan tersebut adalah bagian dari upaya positif untuk mengurangi paparan virus Corona.

"Masker scuba dan buff kan tipis karena cuma satu lapisan. Jadi kemungkinan besar bisa menyebarkan droplet. Toh, kalau mau pakai scuba dan buff pun emang harusnya dilapisin tissue lagi," jelasnya.

Sementara itu, seorang pedagang mengaku penjualan masker scuba sudah menurun belakangan ini. Lebih banyak pembeli mencari masker kain, bahkan seringkali sampai kehabisan stok.

"Iya sekarang sudah jarang lagi yang nyari masker scuba. Makannya nih saya mulai stok-stok masker kain lagi," kata Muhidin, seorang pedagang masker di Tangerang.



Simak Video "Masker Buff dan Scuba Tak Disarankan Dipakai di KRL, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Masker Scuba Dilarang?