Sabtu, 17 Okt 2020 07:30 WIB

Serba-serbi Distosia, Penyebab Persalinan Tidak Lancar

Elsa Himawan - detikHealth
In the Hospital, Close-up Shot of the Doctor does Ultrasound / Sonogram Procedure to a Pregnant Woman. Obstetrician Moving Transducer on the Belly of the Future Mother. Mempersiapkan persalinan (Foto: iStock)

Sebenarnya, distosia bisa dicegah selama kehamilan. Karena itulah sangat penting bagi ibu untuk rajin memeriksa janin ke dokter selama kehamilan:

1. Atur makanan ibu hamil

Tingginya kandungan karbohidrat bisa membuat bayi berukuran besar. Kebanyakan ibu hamil suka nyemil yang tinggi karbohidrat. Untuk mencegah kenaikan berat badan bayi yang besar, jika ibu hamil ingin camilan maka yang diperbolehkan hanya buah.

2. Istirahat yang cukup sebelum melahirkan

Untuk memiliki tenaga yang cukup kuat agar bisa mengejan, ibu harus banyak istirahat sebelum melahirkan. Mempersiapkan fisik jelang melahirkan harus didukung dengan olahraga maupun dengan istirahat yang cukup.

3. Rutin kontrol kehamilan

Mengontrol kehamilan itu penting untuk mengetahui berat badan dari bayi yang dikandung. Apabila tidak rajin kontrol, dan bayi dalam kondisi besar, maka kemungkinan akan operasi caesar.

4. Kontrol diabetes

Ibu yang memiliki riwayat diabetes akan memengaruhi besarnya berat badan janin. Oleh karena itu, rajinlah kontrol diabetes selama kehamilan agar berat badan bayi bisa terjaga dengan normal.

5. Senam hamil

Memasuki kehamilan minggu ke-34, ibu harus melakukan senam hamil. Upaya ini dilakukan agar menghindari posisi bayi sungsang.

6. Pijat pirenium

Di usia 36 minggu, ibu hamil sudah boleh melakukan pijat perineum. Ibu hamil bisa melakukan pijat perineum tiga kali dalam sehari dengan durasi 5 menit.

7. Periksalah ke dokter mata

Ibu yang memiliki mata minus di atas 5 sangat berisiko mengalami kebutaan bila melahirkan secara normal. Sebab, jika mengejan dapat menyebabkan lepasnya retina mata (abrasio retina). Jadi periksakan dahulu ke dokter dari usia 36 minggu untuk menghindari risiko kebutaan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)