Sabtu, 30 Jan 2021 05:42 WIB

Ragam Tes Corona yang Tak Terpikir Sebelumnya, Anal Swab hingga Tes Bau Ketiak

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Anal swab test tengah jadi perbincangan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sudah setahun lamanya virus Corona mewabah di dunia. Selama itu pula beragam cara untuk mendeteksi COVID-19 dikembangkan oleh para ahli, dari yang sampelnya diambil lewat saluran pernapasan hingga melalui dubur atau anal swab test.

Serius! Anal swab test benar-benar dilakukan untuk mendeteksi COVID-19, tepatnya di China. Metode ini didasari oleh temuan bahwa virus Corona bisa bertahan lebih lama di saluran pencernaan, dibanding di saluran pernapasan.

"Tentu saja, swab anal tidak senyaman swab di tenggorokan. Metode swab ini hanya digunakan untuk orang-orang yang tinggal di area karantina COVID-19 utama di Shanghai," kata Li Tongzeng dari Rumah Sakit You'an di Beijing, yang dikutip dari New York Post, Rabu (27/1/2021).

Meski begitu, gold standard untuk mendeteksi COVID-19 masih dilakukan dengan cara tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction), yang sampelnya diambil lewat usapan lendir pernapasan di hidung dan mulut.

Dirangkum detikcom, berikut beberapa cara mendeteksi COVID-19 dengan hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

1. Tes bau ketiak

Beberapa waktu lalu para ilmuwan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan alat tes COVID-19 menggunakan sampel bau keringat dari ketiak atau axillary sweat odor.

Ilmuwan yang mengembangkannya adalah Prof Drs Ec Ir Riyanarto, M.Sc, PhD, yang merupakan guru besar Teknik Informatika di ITS. Alat tersebut diberi nama 'i-nose c-19'.

Alat ini memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi COVID-19 lewat sampel bau ketiak. Menurut Prof Riyan, alat bernama i-nose c-19 tersebut saat ini masih menjalani pengujian dan diharapkan bisa segera mendapat izin edar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Biaya Swab Antigen Turun, Maksimal Rp 99.000!"
[Gambas:Video 20detik]