Senin, 01 Feb 2021 05:29 WIB

Sekilas Mirip, Ini Beda Gejala COVID-19 dengan Flu dan Alergi

Farah Nabila - detikHealth
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city Beda gejala COVID-19 dan flu serta alergi. (Foto: Istock)
Jakarta -

Ada beberapa gejala COVID-19 yang dialami pasien saat terinfeksi virus Corona. Salah satunya batuk, yang membuat sebagian orang terkadang bingung membedakan COVID-19 dengan penyakit lainnya.

Saat merasakan hidung tersumbat atau mata gatal, itu bukan berarti kamu terinfeksi virus Corona. Jika mengalami batuk, kelelahan, dan demam, mungkin kamu terpapar COVID-19. Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi gejala flu musiman.

"Tidak semua gejala diciptakan sama. Meskipun tampaknya Anda terkena virus Corona, Anda mungkin hanya mengalami alergi musiman atau influenza," ujar Lindsey Elmore, PharmD, spesialis farmakoterapi bersertifikat, yang dikutip dari Healthline.

Ada banyak gejala yang serupa pada penyakit pilek, flu, dan COVID-19. Hal ini membuat sebagian orang sulit untuk membedakan ketiga penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

Menurut kepala bagian farmasi dari layanan SingleCare, Ramzi Yacoub, PharmD, ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh virus, tetapi virus yang berbeda menyebabkan setiap infeksi ini. Namun, satu perbedaan utama di antara ketiganya adalah virus Corona memiliki gejala sesak napas.

"Sesak napas merupakan tanda umum COVID-19 yang terjadi sebelum berkembangnya pneumonia. Umumnya, flu atau pilek tidak menyebabkan sesak napas kecuali jika telah berkembang menjadi pneumonia," ujar Yacoub.

Influenza sangat mirip dengan COVID-19, tetapi sesak napas biasanya tidak separah saat seseorang terinfeksi virus Corona. Dengan COVID-19, sesak napas sering terjadi 5 hingga 10 hari setelah demam yang merupakan gejala awal.

Berikut beberapa gejala yang umum terjadi pada COVID-19, flu dan alergi.

Bersin bukanlah gejala COVID-19

Hidung berair, nyeri wajah, dan mata gatal adalah gejala umum alergi atau flu biasa. Namun, beberapa gejala ini bukan tipikal gejala COVID-19.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau diare.

Gejala COVID-19 biasanya muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) mencantumkan 11 gejala utama COVID-19, apa saja?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dear Orang Tua, Yuk Perketat Prokes Pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]