Senin, 22 Mar 2021 15:39 WIB

Kemenkes Akui Ada Surat Penundaan Sementara Vaksin Nusantara dr Terawan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Eks Menkes dr Terawan Agus Putranto hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Ia turut pamerkan Vaksin Corona Nusantara yang disebut aman untuk digunakan warga. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Penelitian vaksin Nusantara besutan eks Menkes Terawan Agus Putranto dikabarkan ditunda. Kabar ini muncul setelah surat yang disampaikan oleh peneliti vaksin Nusantara di RS Dr Kariadi meminta untuk menghentikan sementara penelitiannya.

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi membenarkan kabar tersebut. Nadia mengatakan pihaknya telah menerima informasi terkait penundaan penelitian vaksin Nusantara.

"Iya betul ada surat penundaan sementara karena ada syarat yang harus dilengkapi untuk pelaksanaan uji fase kedua," kata Nadia saat dihubungi detikcom, Senin (22/3/2021).

BPOM sendiri sampai saat ini masih belum memberikan lampu hijau untuk kelanjutan vaksin Nusantara. Pihak BPOM mengungkap ada beberapa aspek vaksin Nusantara yang belum terjawab di uji klinis fase 1.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengatakan riset obat maupun vaksin harus memenuhi standar-standar yang berlaku. BPOM sampai saat ini belum memaparkan hasil evaluasi soal vaksin Nusantara.

Namun ia menegaskan pihaknya tidak menghentikan riset.

"Badan POM tidak pernah menghentikan (riset vaksin Nusantara)," tegas Penny.



Simak Video "Potret Moeldoko Saat Disuntik Vaksin Nusantara oleh Terawan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)