Selasa, 18 Mei 2021 13:00 WIB

4 Fakta Vaksin Gotong Royong, Harga hingga Jenis Vaksin yang Digunakan

Ayunda Septiani - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 di Jakarta sasar warga di permukiman padat penduduk. Warga di Tanjung Priok dan Sunter Agung pun disuntik vaksin Corona dosis pertama Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Hari ini Selasa (18/5/2021) pemerintah menjadwalkan pelaksanaan program vaksinasi gotong royong. Ini adalah salah satu upaya mengendalikan pandemi COVID-19, selain melalui vaksinasi program.

Pengadaan vaksinasi gotong royong ini diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 10/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19.

Jika vaksinasi program biayanya ditanggung pemerintah dan untuk kalangan umum, vaksinasi gotong royong biayanya ditanggung perusahaan dan hanya untuk karyawan atau keluarganya. Karena dibayar oleh perusahaan, vaksinasi ini tetap gratis bagi karyawan.

Berikut 5 fakta vaksin gotong royong, mulai dari jenis hingga harga vaksin yang digunakan.

1. Jenis vaksin gotong royong

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito pada Maret 2021 menyebut ada 3 jenis vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi gotong royong. Ketiganya adalah Novavax, Moderna, dan Sinopharm.

Jenis vaksin yang disebut-sebut juga akan dipakai untuk vaksin gotong royong adalah CanSino buatan China.

2. Harga vaksin gotong royong

Harga vaksin gotong royong telah ditetapkan pemerintah. Disebutkan, harga vaksin gotong royong buatan Sinopharm adalah Rp 321.660 per dosis.

Ketentuan harga tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643.2021. Keputusan ini telah diteken oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada 11 Mei 2021.

Akan tetapi, tarif pelayanan vaksinasi belum termasuk di dalam harga tersebut. Dijelaskan tarif pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis. Dengan begitu jika dijumlahkan, total harga sekali penyuntikan vaksin COVID-19 dalam layanan vaksin gotong royong adalah Rp 439.570.

3. Gratis untuk pekerja

Vaksinasi gotong royong ditujukan untuk karyawan, karyawati, buruh, dan keluarga yang pendanaannya ditanggung perusahaan tempat mereka bekerja.

Seluruh penerima vaksinasi gotong royong tidak akan dipungut biaya apapun. Vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat seluruhnya gratis. Pembelian vaksin dibebankan pada badan hukum atau badan usaha yang menaungi pekerja.

4. Lokasi vaksinasi gotong royong

Lokasi vaksinasi gotong royong tidak boleh dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Hal ini dilakukan untuk menghindari terganggunya proses vaksinasi gratis dari pemerintah.

Vaksinasi gotong royong harus dilakukan di fasyankes milik BUMN atau swasta yang memenuhi syarat menjadi pos pelayanan vaksinasi.



Simak Video "Benarkah Vaksinasi Gotong Royong Buat Orang Kaya? Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)