Selasa, 10 Agu 2021 19:16 WIB

Tak Perlu Cetak Kartu Vaksin! Masuk Mal Tetap Harus Scan QR Code

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Masuk Mal Taman Anggrek wajib sudah vaksin COVID-19 Foto: Salwa Aisyah Sheilanabilla/detikHealth
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang, namun sejumlah pelonggaran diterapkan. Salah satunya, sejumlah mal dan pusat perbelanjaan mulai dibuka dengan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu syarat untuk bisa masuk mal adalah sudah harus vaksinasi COVID-19, ditunjukkan dengan sertifikat vaksin dari PeduliLindungi. Pengecekan dilakukan secara digital, jadi sebenarnya nggak perlu cetak kartu vaksin.

Salah satu mal yang sudah mulai menerapkannya adalah Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat. Pantauan detikcom, sejumlah petugas membantu pengunjung untuk melakukan check in leat aplikasi PeduliLindungi.

Belum semua pengunjung paham alur pengecekannya, tapi untungnya banyak papan petunjuk yang tersedia di sekitar pintu masuk. Yang pasti, mereka harus lebih dulu mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Langkah-langkah menunjukkan sertifikat vaksin dari PeduliLindungi:

  • Pastikan akun sudah terdaftar dengan memilih menu "Pendaftaran Vaksin" pada halaman utama, lalu isi data diri sesuai KTP.
  • Setelah terdaftar, sertifikat vaksin dapat dicek melalui menu "Akun" pada halaman utama.
  • Pilih "Sertifikat Vaksin." Sertifikat 1 dan 2 akan muncul. Tunjukkan sertifikat ke petugas atau dapat mengunduh gambar agar tersimpan di galeri.
  • Petugas akan menuntun pengunjung mal memasuki antrean ke meja resepsionis untuk men-scan barcode yang terpajang di dekat meja resepsionis.

Cara scan barcode dari PeduliLindungi

  • Pilih "Scan QR Code" pada halaman utama atau klik bar berwarna biru bertuliskan "Scan QR code di lokasi tujuan Anda" yang terletak di halaman utama bagian atas.
  • Hasil QR Code muncul otomatis dengan warna indikator yang berbeda dan tombol bertuliskan "Check in". Apabila hasil QR Code warna hijau, pengunjung boleh masuk, jika warna kuning maka harus diverifikasi lagi oleh petugas dan warna merah pengunjung tidak boleh masuk.
  • Tunjukkan hasil QR Code ke petugas dan klik tombol "Check in" jika sudah diizinkan petugas.
  • Saat keluar area mal, pengunjung harus scan barcode lagi yang tersedia di pintu keluar mal Taman Anggrek. Setelah men-scan barcode akan muncul tombol "Check Out" lalu klik tombol tersebut.

Respons positif pengunjung

Penjagaan di depan pintu masuk Mal Taman Anggrek cukup ketat. Pantauan detikcom, ada 3 sampai 4 petugas yang berjaga. Sebagian ada yang membantu pengunjung yang kesulitan dan sebagian berjaga di area scan barcode dan depan pintu masuk.

Siti (39) salah satu pengunjung Mal Taman Anggrek yang hendak melakukan vaksin kedua sudah mengetahui kebijakan ini dan sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi dari jauh-jauh hari untuk keperluan pekerjaan. Ia pun menyambut baik peraturan ini.

"Bagus sih untuk meminimalisir COVID-19 juga kan, jadi yang berkepentingan dan udah vaksin aja yang boleh masuk," ujar Siti saat ditemui di lokasi.

Dengan adanya peraturan mengunduh PeduliLindungi akan lebih efisien karena tidak perlu repot mencetak kartu vaksin atau membawa versi cetak sertifikat dan mencegah kebocoran data pribadi.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)