Kamis, 30 Sep 2021 15:17 WIB

Minum Es Setelah Vaksin COVID-19, Boleh Nggak Sih? Ini Catatan Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ratusan siswa SMK di Bekasi mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19. Program vaksinasi massal gencar dilakukan demi mencapai herd immunity. Ilustrasi pasca vaksinasi COVID-19. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Seiring meredanya pandemi COVID-19 RI, program vaksinasi masih terus digencarkan. Tak sedikit masyarakat bertanya soal anjuran larangan makan dan minum setelah atau sebelum disuntik vaksin. Misalnya, perihal minum es setelah vaksin COVID-19, boleh nggak sih?

Mengacu pada laman Unicef India, orang yang baru saja disuntik vaksin COVID-19 amat dianjurkan untuk minum banyak air putih. Pasalnya, memastikan kebutuhan tubuh akan air tercukupi adalah langkah pertama untuk meminimalkan dan mengatasi potensi efek samping vaksin.

"Tetap terhidrasi sangat penting baik sebelum dan sesudah vaksinasi Anda. Efek samping yang paling umum dari vaksin termasuk nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam," tertulis dalam laman tersebut, dikutip Jumat (30/9/2021).

"Menjadi terhidrasi dengan baik tidak hanya akan mencegah Anda merasa sakit tetapi juga dapat membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping," sambungnya.

Dokter keluarga dari Stat Medical Clinic, Singapura, Dr Ng Joon Hwee menyebut minum air putih dibarengi istirahat cukup adalah kunci mengatasi demam yang mungkin muncul setelah divaksin COVID-19.

"Minum banyak air untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh tidak hanya akan membantu mengurangi kemungkinan terkena demam setelah vaksinasi, tetapi juga mengurangi derajat atau durasi penyakit, demam dan mempercepat pemulihan," terangnya dikutip dari The Strait Times, Kamis (30/9/2021).

Namun dr Lee menambahkan, minum air putih juga perlu dibarengi olahraga secara teratur, diet seimbang, dan istirahat yang cukup.

Kalau airnya dingin, bakal berpengaruh?

Lainnya mengacu pada laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dilarang dikonsumsi setelah vaksinasi, termasuk minum es setelah vaksin COVID-19. Pasalnya, kerja vaksin tidak dipengaruhi oleh makanan atau minuman.

"Efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksinasi," dikutip dari laman WHO, Kamis (30/9/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]