Jumat, 01 Okt 2021 18:00 WIB

Duh! 4 Negara Asia Kena 'Resesi Seks', Ini Biang Keroknya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Total 18 warga Korea Selatan yang baru dievakuasi dari Wuhan telah dibawa ke rumah sakit karena menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut. Sederet negara di Asia yang dilaporkan mengalami 'resesi seks'. (Foto ilustrasi: Getty Images/Chung Sung-Jun)
Jakarta -

Fenomena 'resesi seks' nampaknya tengah menghantui berbagai negara di dunia. Hal ini diduga makin diperparah dengan adanya pandemi COVID-19.

Resesi sendiri berarti kemerosotan. Dalam istilah ekonomi, resesi merupakan pertumbuhan negatif dua kuartal berturut-turut dalam satu tahun.

Maka dari itu, 'resesi seks' merujuk pada rendahnya kemauan warga untuk menikah sehingga angka kelahiran menjadi turun di suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Umumnya kondisi ini terjadi pada di negara-negara maju.

Tak hanya di negara Barat, berikut sejumlah negara Asia yang dilaporkan mengalami 'resesi seks'.

1. Jepang

Beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan Jepang melaporkan bahwa angka kelahiran di negaranya turun hingga rekor terendah pada tahun 2020.

Dikutip dari Reuters, pada tahun 2020 angka kelahiran di Negeri Sakura turun menjadi 840.832. Jumlah ini turun 2,8 persen dari tahun sebelumnya dan terendah sejak pencatatan dimulai pada 1899.

Hal ini diduga disebabkan oleh rendahnya jumlah pernikahan di Jepang pada tahun 2020. Disebutkan, penurunannya mencapai 12,3 persen pada tahun 2020, menjadi 525.490 pernikahan.

2. Korea Selatan

Fenomena 'resesi seks' di Korea Selatan (Korsel) nampaknya sudah berlangsung cukup lama sebelum pandemi COVID-19. Pasalnya, di Korsel terdapat gerakan wanita yang tidak ingin menikah dan tak mau memiliki anak.

Gerakan 'tidak menikah' ini memanfaatkan feminisme yang sedang berkembang di Korsel. Gerakan tersebut bernama '4B' atau 'Four Nos' yang merupakan kepanjangan dari 'no dating, no sex, no marriage, and no child-rearing'.

Data PBB menunjukkan rata-rata wanita di Korsel hanya memiliki 1 anak. Ini menciptakan krisis demografis yang mengancam penyusutan populasi dan ekonomi.

Selain Jepang dan Korsel, berikut beberapa negara di Asia yang terancam mengalami 'resesi seks'. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Mudah Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]