Rabu, 06 Okt 2021 05:30 WIB

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Vaksin COVID-19, Perlu Tahu!

Vidya Pinandhita - detikHealth
insomnia Makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa makanan tidak boleh dimakan setelah vaksin COVID-19. Selain makanan, ada juga minuman yang sebaiknya dihindari dan dikonsumsi secukupnya usai vaksin.

Mengacu pada laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang baru saja divaksin COVID-19 amat dianjurkan untuk minum banyak air putih. Sebab, hidrasi yang cukup bisa meminimalkan efek samping dan mempercepat pemulihan efek samping pasca divaksin.

"Efek samping yang paling umum dari vaksin termasuk nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam. Menjadi terhidrasi dengan baik tidak hanya akan mencegah Anda merasa sakit tetapi juga dapat membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping," dikutip dari laman WHO, Selasa (5/10/2021).

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin COVID-19

1. Minuman beralkohol

Hingga kini, tidak ada studi ilmiah yang membuktikan pengaruh buruk alkohol terhadap kerja vaksin COVID-19. Namun, WHO menyarankan agar orang yang baru menerima vaksin COVID-19 untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

Pasalnya minuman beralkohol, apalagi jika dibarengi rokok tembakau, diyakini bisa memperburuk efek samping COVID-19.

"Alkohol juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin mungkin tidak efektif jika ada alkohol yang berlebihan dalam sistem. Hal yang sama berlaku untuk konsumsi tembakau juga," tertulis dalam lama WHO.

2. Makanan tinggi gula

Dikutip dari NDTV Food, orang yang baru divaksin COVID-19, terutama yang memiliki riwayat diabetes, amat dianjurkan untuk menghindari makanan atau camilan tinggi Indeks Glikemiks. Indeks Glikemik menunjukkan kecepatan makanan memengaruhi kadar gula darah. Semakin tinggi Indeks Glikemiks, semakin cepat lonjakan gula darah.

Berikut daftar makanan tinggi Indeks Glikemiks yang perlu dihindari:

  • Minuman ringan manis
  • Roti putih
  • Nasi Putih
  • Tambahan gula pada teh atau kopi

3. Junk food

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin COVID-19 selanjutnya adalah junk food atau makanan cepat saji.

Sebaliknya, orang yang baru divaksin COVID-19 disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dipercaya bisa menaikkan imunitas seperti buah-buahan, sayuran hijau, bawang putih, hingga jahe.

4. Harus makan!

Catatan selain makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin COVID-19, dokter mengingatkan agar orang yang akan atau sudah divaksin COVID-19 untuk tidak membiarkan perut kosong.

"Saran saya adalah makan sesuatu yang dibuat di rumah dan dengan pemrosesan sesedikit mungkin seperti yogurt dan buah, telur dan buah atau bar yang sehat adalah pilihan yang baik," kata dokter spesialis penyakit dalam, dr Louis Malinow dikutip dari Eating Well, Selasa (5/10/2021).

Penjelasan daftar makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin COVID-19 ini semoga bisa membantu tetap hidup sehat di tengah pandemi.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)