Senin, 08 Nov 2021 09:21 WIB

Viral Terapi 'Kursi Keperawanan', Diklaim Miss V Jadi Lebih 'Menggigit'

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Terapi unik viral di TikTok, menggunakan alat yang disebut 'kursi keperawanan'. Fungsinya seperti senam kegel yakni mengencangkan lagi otot-otot di area kewanitaan biar makin 'menggigit'.

Secara alamiah, kekuatan otot-otot di area panggul melemah karena berbagai faktor. Pada wanita, antara lain mencakup aging atau penuaan, proses melahirkan, dan sebagainya.

"Melahirkan otomatis ada perubahan. Otot-ototnya tidak sekuat dulu. Pada proses aging itu juga bisa. Ototnya tidak sekencang, tidak menggigit seperti dulu," jelas dr Mellya Harsono dari The Clinic Beautylosophy Alam Sutera yang mengoperasikan alat tersebut.

Dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini, dr Mellya menjelaskan bahwa masalah pada otot panggul atau pelvis tidak hanya dihadapi kaum wanita. Pria juga mengalaminya, dan antara lain berdampak pada fungsi seksual.

Dampak lain dari otot-otot panggul yang melemah adalah inkontinensia urine. Gejalanya antara lain tidak bisa menahan kencing dalam kondisi tertentu seperti batuk, bersin, atau bahkan tertawa.

Soal istilah 'keperawanan' sebagaimana muncul dalam konten viral, dr Mellya menegaskan bahwa yang dimaksud adalah sensasi yang didapat ketika otot-otot di area Miss V kembali kencang. Karenanya, alat ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan selaput dara.

"Mungkin orang-orang mikir seperti itu, (perawan) kalau selaput dara masih utuh di dalam kita nggak bolong sama sekali. Padahal sebenarnya selaput keperawanan itu setiap orang bentuknya berbeda-beda. Ada yang mungkin tipis banget seperti nggak ada kelihatannya. Apakah orang dengan kondisi seperti itu disebut tidak perawan?" jelasnya.

(up/up)