Senin, 08 Nov 2021 10:34 WIB

Kursi Ajaib! Diklaim Bisa Kembalikan 'Keperawanan', Tapi Ada Pantangannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Emsella Chair, treatment yang diklaim bisa mengembalikan keperawanan alias mengencangkan otot area kewanitaan. Treatment 'kursi keperawanan' alias Emsella Chair. Foto: Vidya Pinandhita
Jakarta -

Treatment 'kursi keperawanan' baru-baru viral di Tiktok. Dalam klaimnya, kursi ini disebut-sebut bisa mengembalikan keperawanan pasien. Namun tak boleh digunakan oleh sembarang wanita.

Siapa saja sih yang boleh memakai kursi ajaib ini?

Dokter kecantikan di The Clinic Beautylosophy Alam Sutera, dr Mellya Harsono, menjelaskan 'kursi perawan' tersebut sebenarnya adalah alat untuk mensimulasikan gerakan senam kegel. Treatment ini bekerja mengencangkan otot pelvis sehingga area kewanitaan yang kendur, misalnya karena melahirkan, bisa terasa rapat kembali bak 'malam pertama'.

"Biasanya yang merasakan (efeknya) pasangan. Pasangan yang mungkin merasa awalnya kan ada proses melahirkan segala macam, otomatis ototnya akan sedikit longgar, kendur. Dengan alat ini kita kencangin. Otomatis yang awalnya kendur kita rangsang otot-ototnya kembali menciut otomatis lebih kencang, otomatis lebih sempit," ujarnya saat ditemui detikcom, Rabu (3/11/2021).

Treatment ini berlangsung selama 30 menit. Pasien duduk di sebuah kursi, dengan alas duduk yang memberikan energi dengan sensasi meremas. Setelahnya, pasien bisa kembali beraktivitas normal tanpa obat, pantangan, dan hambatan bergerak.

Namun ia mengingatkan, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi pasien khususnya wanita untuk menggunakan treatment ini.

"Pertama, tidak lagi haid. Kedua, tidak lagi hamil dan biasanya sebelum melakukan treatment kita lakukan edukasi dulu. Ada riwayat penyakit tertentu atau konsumsi obat tertentu atau lagi haid? Atau lagi program hamil?" terang dr Melly.

"Kita harus tanyakan dulu. Kalau semuanya oke clear nggak ada masalah kita boleh lanjut treatment atau tindakan hari ini juga," pungkasnya.

dr Melly mengaku dalam sebulan bisa melayani minimal 10 pasien pengguna Emsella Chair. Meski jumlah pasiennya sempat menurun gara-gara pandemi, dr Melly menyebut kini jumlah pasiennya mulai meningkat kembali lantaran situasi pandemi COVID-19 mulai membaik.

Dengan cara kerja yang demikian, sebenarnya treatment 'kursi keperawanan' ini tidak hanya ditujukan untuk wanita. Pria yang mengalami berbagai keluhan terkait otot panggul, juga bisa menggunakannya. Misalnya ketika mengalami inkontinensia urine.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)