ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Des 2021 16:00 WIB

Dikeluhkan Laura Anna Sebelum Meninggal, Dokter: Asam Lambung Tak Mematikan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Laura Anna Tuntut Tanggung Jawab Gaga Muhammad Atas Kecelakaan yang Membuatnya Lumpuh Selebgram Laura Anna meninggal dunia. (Foto: Instagram @edlnlaura)
Jakarta -

Selebgram Laura Anna meninggal dunia, sebelumnya ia sempat dibawa ke IGD dan juga mengeluhkan asam lambung. Perempuan berusia 21 tahun ini juga disebut sempat sesak napas sejak malam.

Hal ini diceritakan salah satu kerabat dekat Laura, Putri Syah Alam.

"Memang semalam itu sudah ngomong dia lagi sesak. Dalam perjalanan ke Densu, dia bilang sesak. Dia bilang asam lambung, udah minum obat asam lambung masih chat juga masih perjalanan ke Densu," kata Putri.

Keluhan sakit asam lambung kerap dikhawatirkan menjadi pemicu seseorang meninggal dunia. Namun, faktanya tak seperti itu.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, asam lambung atau penyakit GERD memang termasuk penyakit kronis, terlebih saat berlanjut menyebabkan gangguan pada paru-paru.

"Tetapi GERD sendiri tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian," jelas dia kepada detikcom Rabu (14/12/2021).

GERD disebut Prof Ari memang bisa memicu komplikasi. Komplikasi inilah yang memicu kondisi seseorang berakhir fatal.

Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik bisa menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan, mulanya mungkin hanya perlukaan.

Namun, lukanya bisa meluas dan bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah. Bahkan, GERD bisa memicu perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan yang berakhir terjadi penyakit lesi pra kanker.

"Di luar saluran cerna, asam lambung yang tinggi dapat menyebar ke gigi, tenggorokan, sinus, pita suara, saluran pernapasan bawah bahkan sampai paru-paru," jelas Prof Ari.



Simak Video "dr. Tirta Sebut Perjuangan Laura Anna Hadapi Spinal Cord Injury Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT