ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Des 2021 06:55 WIB

Round Up

Bukan Penyebab Laura Anna Meninggal, Dokter Sebut Asam Lambung Tak Mematikan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Laura Anna Tuntut Tanggung Jawab Gaga Muhammad Atas Kecelakaan yang Membuatnya Lumpuh Laura Anna sempat mengeluhkan asam lambung sebelum meninggal (Foto: Instagram @edlnlaura)
Jakarta -

Selebgram Laura Anna meninggal dunia di tengah perjuangannya hidup dengan spinal cord injury, Rabu (15/12/2021). Sempat disebut mengalami asam lambung, dokter memastikan sebutan lain untuk GERD ini bukan penyebab langsung kematian.

Konsultan saluran pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo, Prof dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menyebut GERD (gastro esofagial refluz disease) atau populer disebut asam lambung memang bisa berkembang menjadi kronis. Namun, GERD sendiri tidak mematikan.

"Tetapi GERD sendiri tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian," jelas dr Ari kepada detikcom Rabu (15/12/2021).

Kemungkinan yang bisa terjadi menurut dr Ari adalah asam lambung yang naik memicu luka pada dinding dalam kerongkongan. Mulanya mungkin hanya perlukaan, namun lama-lama bisa meluas dan memicu kerusakan pada struktur dinding dalam kerongongan.

"Di luar saluran cerna, asam lambung yang tinggi dapat menyebar ke gigi, tenggorokan, sinus, pita suara, saluran pernapasan bawah bahkan sampai paru-paru," jelas dr Ari.

Soal riwayat asam lambung yang dialami Laura Anna disinggung oleh salah seorang kerabatnya, Putri Syah Alam atau Putri Jimbo. Sebelum Laura meninggal, ia sempat menceritakan kondisinya kepada Putri Jimbo.

"Benar (meninggal). Memang semalam itu sudah ngomong dia lagi sesak, dia bilang lagi perjalanan ke Densu. Dia bilang dia sesak (napas)," cerita Putri Jimbo.

"Dia juga bilang asam lambung (kambuh), aku bilang minum obat asam lambung. Dia masih chat juga, 'Aku masih perjalanan ke Densu,'" ungkapnya.

Simak Video 'Laura Anna yang Meninggal di Tengah Perjuangan Mencari Keadilan':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT