Jumat, 24 Des 2021 12:45 WIB

Anak Habis Vaksin COVID-19 Boleh Minum Es? Ternyata Begini Anjurannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
TNI AL terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi anak demi mendukung pemerintah mengejar herd imunuty pada awal tahun  2022. Habis vaksin boleh minum es? (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Anak-anak berusia 6-11 tahun diperbolehkan menerima vaksin COVID-19 mulai 14 Desember 2021, khususnya di sejumlah wilayah yang sudah mencapai syarat cakupan vaksinasi. Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul, anak yang baru saja disuntik vaksin minum es boleh nggak sih?

Mengacu pada laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu setelah seseorang menerima vaksin, termasuk vaksin COVID-19. Pasalnya, makanan tersebut tidak memengaruhi kerja vaksin COVID-19 dalam tubuh.

"Efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksinasi," terang WHO dalam laman resminya, dikutip detikcom, Senin (4/10/2021).

Habis vaksin justru harus banyak minum

Di samping boleh atau tidaknya anak yang habis menerima vaksin minum es, Unicef India dalam laman resminya mengingatkan penting untuk menghidrasi tubuh pasca vaksinasi. Disebutkan, menghidrasi tubuh dengan mencukupi kebutuhan air putih bisa meminimalkan risiko kemunculan efek samping vaksin.

"Tetap terhidrasi sangat penting baik sebelum dan sesudah vaksinasi Anda. Efek samping yang paling umum dari vaksin termasuk nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam," dikutip dari laman resmi Unicef India, Jumat (24/12/2021).

"Menjadi terhidrasi dengan baik tidak hanya akan mencegah Anda dari rasa sakit tetapi juga dapat membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping," sambungnya.

Habis vaksin juga harus makan bernutrisi

Selain itu, hidrasi tubuh dengan air putih juga perlu diimbangi dengan asupan makan seimbang untuk menekan risiko gejala yang timbul pasca vaksinasi. Di antaranya dengan asupan sayur, buah, dan vitamin C.

"Untuk menghindari efek samping yang serius, diet seimbang sangat penting. Makanan super seperti sayuran hijau, kunyit, dan bawang putih, yang kaya nutrisi dan meningkatkan kekebalan, harus dimasukkan dalam asupan Anda," tertulis dalam laman Unicef India.

"Buah-buahan musiman yang kaya vitamin C juga dapat membantu memerangi efek samping vaksin," sambungnya.

Nah, sudah terjawab soal boleh atau tidaknya anak yang baru menerima vaksin minum es? Jawabannya, boleh kok! Di samping itu, pastikan kebutuhan air putih dan makanan bergizi selalu tercukupi ya.



Simak Video "Aksi Badut dan Undian Sepeda Pikat Vaksinasi Covid-19 Anak di Tasik"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)