Selasa, 28 Des 2021 12:06 WIB

Kasus Transmisi Lokal Omicron RI Tinggal di Jakut, Sempat Menolak Dievakuasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Kasus transmisi lokal Omicron dievakuasi di RSPI Sulianti Saroso. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut pria asal Manado yang menjadi kasus transmisi lokal Omicron sempat menolak dievakuasi. Penjemputan yang bersangkutan kala itu sampai harus dibantu oleh polisi setempat, tidak hanya petugas puskesmas.

Adapun lokasi pasien Omicron tinggal berada di salah satu apartemen Jakarta Utara. Meski begitu, belakangan pasien Omicron transmisi lokal ini akhirnya mau dibawa ke RSPI Sulianti Saroso.

"Yang bersangkutan tinggal di apartemen salah satu Jakarta Utara dan tentunya yang di awal yang bersangkutan ini menolak untuk dilakukan evakuasi ke rumah sakit RSPI Sulianti Saroso ya," beber dr Nadia dalam konferensi pers (28/12/2021).

"Tapi kami sudah berhasil menjelaskan dan meminta pemahaman kepada yang bersangkutan, untuk melindungi seluruh masyarakat kita, sehingga kerja sama yang bersangkutan akhirnya setuju," sambungnya.

Pasien Omicron transmisi lokal tersebut juga sudah diminta untuk swab ulang dan memenuhi permintaan tersebut.

"Walaupun saat penjemputan itu petugas Puskemas dibantu oleh teman-teman dari Polres dan juga dari Koramil," kata dr Nadia.

"Jadi memang awalnya yang bersangkutan menolak untuk dilakukan evakuasi, tapi saat ini sudah kooperatif dan sudah berkenan melakukan pemeriksaan swab ulang," pungkasnya.



Simak Video "Gejala Covid-19 yang Dialami Pasien Omicron di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)