Rabu, 29 Des 2021 10:00 WIB

Muncul Transmisi Lokal Omicron RI, Transmisi Komunitas Sudah Ada? Ini Bedanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menyebut kemungkinan besar kasus Omicron di Indonesia sudah masuk tahap community transmission. Tahap ini berbeda dengan local transmission yang baru saja diumumkan.

"Bahwa terminologi community transmission atau transmisi komunitas dengan kasus lokal ya itu sekali lagi tidak sama tidak memiliki arti yang sama," bebernya kepada detikcom Selasa (28/12/2021).

"Sejauh ini pendefinisian kasus COVID-19 itu diklasifikasikan ke tiga cara, atau tiga bentuk kasus untuk COVID-19," sambungnya.

Kasus impor

Kasus impor atau imported case menurut Dicky dibawa dari pelaku perjalanan luar negeri. Kasus ini biasanya ditemukan di skrining pintu masuk hingga fasilitas karantina.

"Pertama kasus yang ditemukan dari kasus luar negeri ya atau didapat kasus impor. Kasus di mana ini berarti dia dapatnya dari luar negeri," beber Dicky.

"Dan seringkali kasus seperti ini teridentifikasinya seringnya ketika yang bersangkutan ada di fasilitas karantina atau isolasi karantina di pintu masuk negara," sambungnya menegaskan kasus impor menandakan infeksi COVID-19 belum masuk atau menyebar ke wilayah.

Transmisi lokal

Berbeda dengan impor, kasus lokal atau local transmission menandakan infeksi COVID-19 dilaporkan terjadi di dalam negeri, artinya sudah masuk ke wilayah.

"Kedua ada yang namanya temuan kasus lokal, kasus yang memang ditemukan di dalam negeri," sambung dia.

Meski Kementerian Kesehatan menyebut pria asal Medan yang sempat berkunjung ke SCBD kasus transmisi lokal pertama, sebenarnya sudah ada 2 kasus transmisi lokal sebelumnya. Hanya saja, keduanya terjadi di lingkungan Wisma Atlet yang terisolasi. Salah satunya adalah kasus Omicron pertama, yang ditemukan pada petugas kebersihan Wisma Atlet.

Transmisi komunitas

"Yang ketiga ini yang paling serius paling kompleks penularan komunitas ini ya dia terpaparnya di dalam negeri tapi sumber penularannya itu tidak diketahui tidak jelas,"

"Dari ketiga itu sebetulnya yang menjadi perhatian dan paling menjadi ancaman adalah penularan komunitas (community transmission)," sambungnya.

(naf/up)