ADVERTISEMENT

Selasa, 04 Jan 2022 15:36 WIB

Flurona Bermunculan, Pakar WHO Paparkan Cara Mencegahnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Sakit Flu Flurona sebutan untuk infeksi gabungan virus influenza dan COVID-19. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Flurona adalah sebutan untuk kasus infeksi ganda oleh virus influenza dan Corona. Flurona menjadi sorotan ketika pertama kali dilaporkan terjadi pada seorang ibu hamil di Israel.

Otoritas kesehatan menjelaskan sang ibu dirawat dengan gejala ringan. Belum diketahui pasti apakah infeksi sekaligus oleh dua virus tersebut bisa jadi lebih berbahaya.

Direktur Manajemen Bahaya Penyakit Menular, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Sylvie Briand menjelaskan cara untuk mencegah infeksi influenza dan COVID-19 sebetulnya sama. Keduanya merupakan penyakit saluran pernapasan dengan metode penularan serupa.

Menerapkan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjaga ventilasi udara dalam ruangan bisa cukup efektif untuk mencegah flurona.

"Kedua penyakit ini sangat bisa dicegah dengan protokol kesehatan itu," ungkap Sylvie seperti dikutip dari situs resmi WHO, Selasa (4/1/2022).

Upaya pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan vaksinasi untuk influenza dan COVID-19. Sylvie menyebut tidak ada masalah mendapatkan vaksin untuk dua penyakit tersebut secara bersamaan.

"Apakah aman mendapat vaksin flu dan COVID-19 bersamaan? Jawabannya iya aman. Kita sudah memiliki beberapa studi yang menunjukkan dua vaksin tersebut aman diberikan bersamaan," kata Sylvie.

"Tapi tentu saja, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan indikasi kesehatan sebelum mendapat vaksin," pungkasnya.



Simak Video "WHO Jelaskan Penyebab Kasus 'Florona' Bisa Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT