Senin, 14 Mar 2022 13:16 WIB

Tenggorokan Gatal karena COVID-19 Seperti Obama? Ini 5 Cara Mengatasinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
U.S. President Barack Obama speaks during his last press conference at the White House in Washington, U.S., January 18, 2017.      REUTERS/Joshua Roberts Barack Obama (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dikabarkan positif COVID-19. Hal ini diungkapkan langsung olehnya melalui akun Twitter pada Minggu (13/3/2022), kemarin.

"Saya baru saja dinyatakan positif COVID-19," tulisnya dalam postingan Twitter Barack Obama.

Adapun gejala yang dirasakan oleh Barack Obama berupa tenggorokan gatal selama beberapa hari.

"Tenggorokan saya gatal selama beberapa hari, tetapi saya merasa baik-baik saja," kata Obama.

Berbicara tentang gatal tenggorokan, ada sejumlah bahan alami untuk meredakan kondisi ini. Dan tentunya, berguna untuk meringankan gejala COVID-19 seperti yang dialami Barack Obama. Berikut informasinya:

1. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam bisa membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi bengkak di tenggorokan.

Caranya pun mudah, cukup campurkan 1 sendok garam dengan secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik. Ulangi kembali hingga rasa gatal di tenggorokan hilang.

2. Minum Air Putih

Minum air putih dengan jumlah yang banyak bisa meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Sebab, air putih menjadi solusi terbaik untuk meredakan gejala gatal akibat COVID-19.

Bisa juga mengkonsumsi teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam.

3. Permen Pelega Tenggorokan

Selain minum air putih, permen pelega yang mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, juga bisa dikonsumsi saat mengalami gatal di tenggorokan. Pasalnya, cara ini dapat memberikan efek sejuk pada tenggorokan.

Bahkan, berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan agar tetap basah.

Selanjutnya
Halaman
1 2